Saat ini saham menjadi pilihan bagi banyak orang untuk memulai investasi. Terlebih dengan teknologi yang semakin maju membuat mereka sangat mudah dalam berinvestasi. Namun sebelum menentukan produk inveestasi, Anda perlu tahu dahulu tips bermain trading saham demi untung menggiurkan.

Cara Bermain Trading Saham untuk Pemula

Saham menjadi salah satu insturmen di dalam pasar keuangan yang paling banyak peminatnya. Definisi saham sendiri sebagai tanda keikutsertaan modal untuk dari pihak tertentu pada suatu perseroan terbatas maupun dalam bentuk perusahaan. Berikut ini beberapa tips bermain saham.

  1. Mencari Pengetahuan Sebanyak-Banyaknya

Apabila Anda benar-benar ingin menekuni saham sebagai instruman dalam berinvestasi, maka jangan ragu untuk mulai belajar. Saat mendapatkan berbagai informasi mengenai saham dari mana saja, tetap perhatikan bagaimana kredibilitas sumber yang mereka jadikan sebagai acuan.

Selain itu jangan ragu juga untuk mulai berdikusi dengan orang-orang ahli di bidang ekonomi. Atau mereka yang sudah lama terjun di dunia trading saham. Bukan tanpa alasan, pengalamannya tentu akan memberikan gambaran kepada Anda mengenai cara berinvestasi dalam waktu ke depan.

  1. Menentukan Tujuan dan Mengenali Kondisi Keuangan

Seperti halnya saat menuju suatu lokasi, Anda perlu menentukan terlebih dahulu tujuan datang ke tempat tersebut. Begitu halnya ketika sedang berinvestasi, sebelumnya tentukan dulu tujuan jika ingin terjun di dunia trading saham seperti ini.

Tujuan ini nantinya akan berpengaruh kepada nominal dan jangka waktu yang akan Anda inginkan. Selain itu juga membuat tetap termotivasi dengan cara tepat. Satu hal lagi yakni penting untuk mengenali kondisi keuangan pribadi sehingga tidak memaksakan modal awalnya saat berinvestasi.

  1. Memahami Resiko dan Keuntungan

Ketika Anda inginmemperoleh keuntungan yang tinggi, maka konsekuensinya adalah harus membeli saham dengan resiko tinggi pula. Namun kebanyakan investor pemula masih belum percaya diri untuk mengambil keputusan tersebut. Jadi lebih baik memilih perusahaan dengan track record baik-baik saja.

Keuntungan yang Anda peroleh bisa terbagi dalam dua jenis yakni capital gain dan dividen. Dividen merupakan pembagian keuntungan berasal dari keuntungan perusahaan. Nantinya akan diberikan ke investor sesudah mendapatkan persetujuan atas pemegang saham di dalam suatu RUPS.

  1. Investasi Dana di Perusahaan yang Tepat

Jangan mudah tergiur dengan nominal saham yang murah. Anda perlu memastikan ulang bahwa perusahaan tersebut benar-benar baik dan tidak memiliki track record buruk. Pastikan juga bahwa PT atau perusahaan ini selalu berjalan lancar dengan sistem terstruktur dan pengelolaan baik.

Dengan begitu akan membuat operasional perusahaan juga berjalan lancar. Perusahaan yang memiliki pengelolaan baik oleh orang-orang ahli di bidangnya akan memiliki kecenderungan untuk terus berkembang. Sebaliknya apabila tidak memperhatikan perkembangan, maka akan ditinggal investor.

  1. Mengelola Ekspektasi yang Tinggi

Anda perlu menyadari bahwa saat berinvestasi tentunya akan membutuhkan waktu yang tepat untuk memperoleh keuntungan. Jangan ekspekstasi terlalu tinggi jika harus mendapat profit besar dalam waktu singkat. Pola pikir seperti ini tentu sangat membahayakan Anda dalam menentukan keputusan.

Perlu Anda pahami bahwa pengembalian antar 12 hingga 18% dalam satu tahun sudah dianggap cukup baik di dalam pasar modal. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki pemahaman jika keuntungan masing-masing trader adalah berbeda sehingga jangan pernah menyamakannya.

  1. Mengatur Emosi saat Investasi

Bisa Anda pahami bahwa kecenderungan mereka yang berinvestasi adalah segera ingin memperoleh keuntungan dalam waktu singkat. Belum lagi jika terdapat faktor internal dan eksternal sehingga dapat berpengaruh pada cara seseorang untuk mengambil keputusan.

Namun jangan pernah mengambil keputusan berdasar emosi ketika sedang berinvestasi saham di pasar modal. Rasa tertarik Anda pada sebuah perusahaan tidak akan menjamin jika perusahaan ini juga memberikan prospek yang bagus untuk jadi wadah investasi sehingga perlu mengendalikannya

Tips bermain trading saham di atas tentunya sangat penting untuk Anda lakukan. Jangan pernah ragu untuk banyak-banyak belajar dan berlatih. Mengingat bahwa dalam menentukan keputusan memang memerlukan praktik sesering mungkin demi menghindari adanya resiko kerugian besar saat investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *