Sebagai investor, bermain trading saham Indonesia tentu menjadi hal yang tidak asing. Saat ini, dengan dukungan teknologi yang semakin mutakhir, trading saham bahkan dapat dilakukan secara online menggunakan bantuan aplikasi.

Anda bisa memasang aplikasi untuk melakukan trading saham pada smartphone, sehingga kegiatan berinvestasi menjadi semakin efektif dan efisien. Kemudian, teknologi juga telah membantu perolehan informasi semakin mudah dilakukan.

Bagi investor, informasi mengenali pola dan kondisi pasar saham merupakan hal penting. Dengan bantuan teknologi, maka mendapatkan informasi tersebut merupakan simpel. Lalu bagaimana cara trading saham agar mendapatkan keuntungan?

Langkah Melakukan Trading Saham Indonesia Agar Mendapatkan Banyak Keuntungan

Setelah memahami kemudahan dari kegiatan berinvestasi, Anda tentu ingin segera mencobanya. Sebelum memulai investasi, ada baiknya Anda mengetahui langkah terbaik dalam melakukan trading, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menentukan Indeks Saham yang Tepat

Sebagai investor menentukan indeks saham menjadi langkah pertama untuk sukses dalam berinvestasi. Saat ini terdapat berbagai jenis indeks saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan bisa Anda pilih.

Anda perlu memahami jenis-jenis umum yang digunakan para investor dalam berinvestasi. Sebagai contoh, Anda bisa memilih indeks saham LQ45 maupun IDX30, dimana keduanya memiliki tingkat likuiditas tinggi.

Mengenali sekaligus menganalisis kedua jenis tersebut sebelum bermain trading saham Indonesia merupakan hal paling tepat. Hal tersebut karena keduanya juga didukung oleh kualitas perusahaan yang terpercaya.

LQ45 menjadi indeks pasar dengan total perusahaan di dalamnya sebanyak 45 emiten. Sedangkan IDX30 merupakan indeks pasar dengan jumlah total perusahaan yang berada didalamnya yaitu 30 emiten.

  1. Memilih Sekuritas Paling Tepat

Saat berinvestasi, investor akan membutuhkan bantuan atau perantara dari perusahaan sekuritas maupun broker saham. Perusahaan sekuritas tersebut umumnya akan mewajibkan pembayaran biaya untuk setiap transaksi.

Untuk menghindari kerugian yang cukup banyak, investor bisa memilih sekuritas dengan persentase biaya rendah. Sebagai contoh, Anda bisa memilih sekuritas dengan biaya yang dikenakan 0,20% dari jumlah pembelian saham.

Memilih sekuritas paling tepat tidak hanya menghindarkan investor dari kerugian. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan secara lebih optimal, sehingga dapat memastikan bahwa trading yang dilakukan sudah sempurna.

  1. Merencanakan Periode Investasi

Trading dapat dilakukan dengan dua metode atau periode pelaksanaan. Pertama, Anda bisa melakukannya dalam jangka panjang, sedangkan yang kedua Anda bisa melakukannya dalam jangka pendek.

Periode jangka pendek pada trading saham Indonesia cenderung dapat memberikan risiko kerugian lebih besar. Akan tetapi, return atau profit dari periode ini tentu bisa diperoleh secara lebih cepat.

Sebaliknya, peluang profit lebih besar jika memutuskan untuk melakukan trading dalam periode jangka panjang. Hal tersebut bisa terjadi jika Anda memilih saham dengan reputasi maupun fundamental serta kinerja yang baik.

Setelah melihat kelebihan masing-masing periode, Anda bisa merencanakan periode investasi mana yang cocok dengan kebutuhan berinvestasi. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan potensi dari return investasi yang akan dilakukan.

  1. Sabar

Saat melakukan trading saham Indonesia, kunci kesuksesannya tidak lain adalah kesabaran. Segala cara untuk melakukan trading dengan baik tidak akan efektif apabila tidak disertai dengan kesabaran dari investor.

Jika Anda adalah pemula dalam dunia investasi, maka menggunakan modal yang kecil dan meningkatkan jumlah seiring bertambahnya pemahaman merupakan hal tepat. Tips tersebut dapat menghindarkan Anda dari kerugian.

Begitu juga ketika menghadapi kerugian akibat investasi yang dilakukan. Investor harus bisa menghadapi risiko investasi dengan pikiran jernih, kemudian Anda bisa melakukan average down dengan membeli saham yang nilainya turun.

Melalui tips tersebut, investor berpotensi untuk mendapatkan keuntungan ketika kondisi pasar kembali stabil. Anda bisa memanfaatkan tips tersebut ketika ingin berinvestasi dan menghindari kerugian lebih besar.

Seluruh langkah tersebut bisa segera Anda terapkan dalam berinvestasi. Dengan langkah tepat saat melakukan trading saham Indonesia, maka Anda bisa mendapatkan return dari penanaman modal yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *