Saat Anda ingin terjun ke dunia investasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah saham golden cross. Hanya saja masih ada banyak orang yang masih belum mengetahui tentang artinya. Terlebih, terdapat beberapa cara dan strategi untuk menghadapi keadaan tersebut sehingga jangan sampai asal-asalan.

Pengertian Saham Golden Cross

Perlu Anda ketahui, bahwa golden cross adalah pola pergerakan harga saham ketika moving average jangka pendek melintas tepat di atasnya moving average jangka panjang. Apabila menjumpai grafik tersebut, maka ini bisa menjadi sebuah tanda bahwa bull market akan datang segera.

Tentu saja hal tersebut dapat membuat trader semakin mudah dalam memutuskan pembelian saham. Tidak heran jika terdapat beberapa tindakan yang perlu Anda lakukan saat keadaan tersebut terjadi. Oleh sebab itu, jangan melewatkan masa-masa golden cross tersebut.

Apabila masing bingung, maka pahami berdasarkan contohnya saja. Seperti indikator moving average 15-day mulai bergerak ke atas moving average 50 day. Bisa juga ketika moving average 50-day melintas menuju atas dari moving average 100-day.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Golden Cross

Sebagai seorang trader maupun investor tentunya tidak boleh melewatkan pembahasan mengenai hal yang perlu diperhatikan ketika terjadi golden cross. Kondisi ini sendiri perlu Anda pahami lebih lanjut sehingga bisa menyikapinya dengan tepat. Berikut selengkapnya:

  1. Perhatikan Volume Trading

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan apabila berhadapan dengan keadaan ini adalah memperhatikan volume tradingnya. Oleh sebab itu, usahakan jangan menyikapinya dengan asal-asalan tanpa memahami ilmunya terlebih dahulu.

Pasalnya, jika yang terjadi adalah volume trading bertambah tinggi dari aspek transaksinya maka hal ini bisa menjadi sebuah tanda bahwa bullish semakin kuat dari sebelumnya. Tidak heran jika sebenarnya masih ada banyak hal perlu Anda pelajari mengenai hal ini.

  1. Sebagai Investor Jangka Pendek

Kemudian, perhatikan juga beberapa hal apabila Anda menjadi seorang investor trading dalam jangka pendek. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan jenis indikator Oscilator sesuai dengan sinyal dari golden cross MACD. Dengan begitu dapat membantu memperoleh informasi paling dibutuhkan.

Misalnya saja saat informasi tentang kondisi uptrend terlahir di waktu paling tepat. Dengan begitu, bertujuan untuk memperoleh titik entry maupun exit terbaik. Terlebih moving average juga bisa saja tergantung dengan negaranya sehingga bisa berbeda-beda di Indonesia dan luar negeri.

  1. Cek Time Frame Chart

Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan seperti apa time frame chartnya. Apabila yang terjadi semakin bertambah besar dari waktu ke waktu maka tentu saja menjadi sebuah tanda bahwa golden cross pun semakin bertahan lama dan bertambah kuat lagi.

Oleh sebab itu, hal ini juga mendandakan bahwa bisa jadi kesempatan terbaik bagi investor maupun trader dalam memborong saham-saham yang mereka inginkan. Adapun persentase pembelian saham tersebut umumnya pun semakin mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Cara Menghadapi Golden Cross dengan Tepat

Saat Anda mendapati kondisi golden cross, maka sangat penting untuk untuk menghadapinya dengan tepat. Terlebih sebagai investor maupun trader pemula tentunya masih banyak dari mereka belum mengetahuinya. Agar lebih jelas, simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Melakukan Pembelian

Saat Anda menjumpai golden cross, maka hal ini bisa menjadi sebuah tanda bahwa saham sedang dalam tren menguat. Oleh sebab itu, akan menjadikannya memiliki peluang sangat bagus untuk naik kembali atau disebut dengan istilah bullish.

Tahukah Anda, bahwa dalam dunia trading momen golden cross tersebut dipercaya sebagai salah satu sinyal paling akurat. Untuk itu, apabila sudah menemukan pola tersebut maka sangat disarankan untuk melakukan pembelian. Akan tetapi sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Hindari Melakukan Penjualan

Kemudian cara untuk menghadapi lainnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan berusa menghindari penjualan. Oleh sebab itu, pastikan tahan dalam melakukan hal tersebut. Pasalnya, akan lebih baik jika situasi seperti ini untuk membeli saham.

Dengan begitu, jangan sampai melakukan penjualan terlebih dahulu. Terlebih ketika pola golden cross tersebut benar-benar sedang berlangsung. Hal tersebut merupakan waktu paling tepat untuk membeli saham daripada menjualnya.

Itu tadi penjelasan mengenai saham golden cross. Sekarang ini sendiri tentu sudah ada banyak keadaan tersebut sehingga penting untuk menghadapinya dengan benar. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa caranya di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *