Saat ini saham memang menjadi salah satu instrumen yang paling populer. Tidak harus memiliki pekerjaan terlebih dahulu namun siapa saja bisa berinvestasi saham asalkan sudah mempunyai NPWP dan KTP. Lantas bagaimana trading saham mulai dari sistem, tips sukses, cara kerja dan lainnya?

Mengenal Trading Saham

Trading saham merupakan transaksi jual beli surat kepemilikan perusahaan atau dalam bentuk perseroan terbatas dalam jangka pendek. Umumnya jangka pendek ini bisa Anda lihat dari harga pasar setiap harinya. Selain itu, trading sahamĀ  adalah kegiatan memperjualbelikan saham dari fluktuasi pasar

Apabila Anda bersikap pasif ketika investasi saham, maka Anda harus lebih aktif untuk melakukan trading. Orang dengan trading saham seperti ini juga terbilang sebagai trader. Berbeda dari investor karena mereka memiliki kecenderungan menganalisa fluktuasi harga saham tiap harinya.

Seorang trader harus memiliki kemampuan untuk analisa fluktuasi harga saham setiap harinya. Hal ini mempunyai tujuan sendiri agar bisa memperoleh capital gain semaksimal mungkin ketika nantinya mereka dapat menjualnya kembali.

Cara Kerja Trading Saham

Selama bermain saham, trading saham pun bisa menjadi pilihan yang tidak kalah populernya dari berinvestasi saham. Bisnis ini pun memiliki arti melakukan pembelian dan penjualan saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar tiap harinya. Berikut beberapa cara kerjanya:

  1. Jangka Waktu Pendek

Perbedaan trading saham dengan investasi adalah berada pada jangka waktunya. Investasi berfokus pada waktu dengan jangka waktu lebih panjang. Sementara trading justru memiliki jangka lebih pendek. Hal ini membentuk perbedaan pada strategi antara keduanya baik dari prinsip maupun tindakannya.

Artinya, dalam transaksi saham ini seorang investor yang memiliki waktu lebih singkat adalah sama halnya seperti seorang trader. Maka dari itu, Anda perlu membedakan antara keduanya. Mengingat bahwa investasi dan trading merupakan dua hal berbeda.

  1. Cenderung ke Analisa Teknikal daripada Fundamental

Jika investasi saham Anda terasa lebih pasif sementara trading saham adalah aktif, hal ini bisa terjadi karena sebagai trader saham harus memberikan waktu untuk melakukan analisa pasar. Selain itu juga harus memutuskan harga dan waktu terbaik dalam melakukan berbagai jenis transaksi saham.

Analisa yang harus Anda gunakan pun harus bisa mengimbangi jangka waktu sesuai pilihannya. Ini artinya, trader wajib menemukan solusi paling baik dalam jangka waktu lebih cepat daripada seorang investor. Pasalnya mereka lebih cenderung melakukan analisa secara teknikal.

  1. Menerapkan Prinsip Buy dan Sell

Cara kerja trader saham yakni dengan membeli saham di harga tertentu. Selanjutnya mereka akan menjualnya pada jangka waktu yang terbilang pendek asalkan nilai saham berada pada range untuk trader. Jadi mereka tidak harus terlalu lama untuk menahan aset saham ketika sudah membelinya.

Selanjutnya, mereka harus bisa menjualnya secepat mungkin pada saat melihat kesempatan untuk dapat menjualnya dengan harga lebih tinggi daripada harga pembelian sebelumnya. Trader biasanya berharap manfaat besar daripada hanya mengandalkan investasi biasa.

Tips Sukses dalam Trading Saham

Bagi Anda yang memutuskan untuk terjun ke dunia saham dan ingin mencoba menjadi seorang trader, ada banyak hal bisa mulai melakukannya. Pertama adalah mempelajari apa itu trading saham lebih dalam. Pengetahuan sebenarnya merupakan kekuatan paling penting sebelum benar-benar beraksi.

Anda juga harus tahu tentang prosedur dasar, trading harian, peristiwa pasar saham, berita terbau hingga prospek ekonomi. Istilah seperti ini tentu masih terdengar asing bagi siapapun yang baru saja terjun ke dunia trading. Maka dari itu, jangan ragu-ragu untuk mencoba mempelajari pelan-pelan.

Berikutnya, penting bagi Anda untuk merencanakan periode trading. Pertama adalah jangka pendek namun memiliki resiko lebih besar. Sebaliknya pada jangka panjang adalah memiliki resiko lebih kecil dan peluang keuntungan justru cenderung tinggi meskipun harus membutuhkan waktu cukup lama.

Pertanyaan mengenai bagaimana trading saham biasanya masih belum terjawab oleh para trader pemula. Mereka menganggap bahwa hal ini memerlukan jawaban ketika sudah benar-benar mencobanya di dunia trading. Anda pun bisa mempelajarinya secara pelan-pelan mulai dari awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *