Trading saham sendiri merupakan transaksi pembelian surat kepemilikan atas perusahaan atau perseroan terbatas pada jangka waktu pendek. Anda bisa melihatnya dari pergerakan harga pasar tiap harinya. Lantas apa pengertian singkat dari aplikasi robot trading saham saat ini?

Mengenal Robot Trading Saham

Saat ini banyak investor yang mulai mengenal tentang robot trading. Merupakan sistem untuk menjalankan transaksi saham secara otomatis dengan menggunakan algoritma sehingga nantinya para pengguna tidak perlu repot ketika harus memantau pergerakan harga saham.

Robot trading ini adalah algoritma indikator yang telah diprogram sedemikian rupa guna membantu pengguna untuk menganalisa pasar baik secara grafik maupun teknikal. Artinya adalah hanya sebatas tools guna membantu para trader.

Robot trading pada saham misalnya, telah tersedia sekuritas yang juga menghadirkan fitur berupa automated ordering. Di dalamnya terdapat direct market access dan algoritma trading. Umumnya bersifat otomasi pelaporan dan transaksi.

Cara Kerja Robot Trading Saham

Cara kerja yang ada di dalam robot trading saham adalah menggunakan autotrade. Sistem ini mampu menghasilkan sinyal guna melakukan trading dengan memanfaatkan algoritma dan indikator grafik maupun teknik. Selain itu fitur ini juga memiliki fungsi yang tentunya bermanfaat bagi trader.

Beberapa contohnya adalah mampu menghasilkan imbal hasil yang otomatis, membantu trader untuk menguasai pasar trading, menjadi prosedur penggunaan yang mudah, bisa mereka gunakan sebagai bisnis sampingan hingga memberikan passive income setiap harinya.

Algoritma pada autotrade ini adalah algoritma matematika dimana sudah diprogram khusus untuk menganalisa pergerakan harga pasar. Meski program tersebut bisa membantu trader, namun Anda tetap harus memantau dan mengawasi terlebih dahulu agar bekerja dengan baik.

Keunggulan Robot Trading Saham

Robot trading saham adalah salah satu produk buatan manusia sehingga mempunyai keunggulan dan kelemahan. Beberapa kelebihan di bawah ini dapat menjadi acuan bagi Anda untuk menentukan apakah sedang membutuhkan robot tersebut atau tidak ketika sedang melakukan trading.

  1. Bekerja Selama 24/7

Tentu Anda bisa menebak bahwa robot yang bukan makhluk hidup bisa bekerja tanpa harus membutuhkan istirahat. Ini artinya robot trading dapat melakukan berbagai pekerjaan secara terus menerus bahkan tidak ada henti sama sekali.

Robot trading saham akan bekerja untuk mengawasi dan memantau setiap pergerakan pasar sekaligus memutuskan tindakan yang tepat dengan kondisi tersebut. Peluang keuntungan juga tidak akan terlewat berkas robot trading karena selalu melakukan pengawasan bahkakn saat harga saham turun.

  1. Tidak Mempunyai Perasaan dan Emosi

Mengingat bahwa robot bukanlah sebagai makhluk hidup sehingga mereka pun tidak memiliki emosi dan perasaan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan manusia yang segala keputusannya umumnya didasarkan atas tingkat emosionalnya mereka sehingga mengganggu saat pengambilan suatu tindakan

Jadi robot trading saham ini tidak mempunyai emosional sehingga bisa bekerja secara konsisten tanpa harus terpengaruh oleh emosi. Bahkan selain itu, robot forez juga tidak akan mengeluh walaupun harus bekerja tanpa berhenti sama sekali demi menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin.

  1. Mampu Menangkap Peluang Keberhasilan dengan Lebih Cepat

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa manusia memang memerlukan istirahat sehingga hal ini menyulitkan bagi para trader pada saat melakukan trading di waktu kapanpun. Mengingat bahwa bisa saja peluang datang bahkan di waktu tak terduga sehingga harus menyia-nyiakannya.

Robot trading ini juga mampu menangkap peluang lebih cepat menurut parameter dan pergerakan pasarnya. Maka dari itu, dengan keberadaan robot ini tentunya mampu memberikan tingkat keberhasilan lebih tinggi pada beberapa waktu tertentu daripada harus melakukannya secara manual.

  1. Multitasking

Walau saat ini sudah banyak manusia yang bisa bekerja secara multitasking namun tetap saja mereka masih memiliki keterbatasan pada beberapa waktu tertentu. Sementara pada robot trading ini bisa melakukan pekerjaan trading secara otomatis tanpa berhenti untuk memulai banyak keuntungan.

Robot trading saham bisa melakukan analisa, menentukan stop loss, riset, entry hingga exit di waktu bersamaan. Bahkan kecil resikonya mereka melakukan adanya kesalahan sehingga Anda dapat memanfaatkan keberadaan dari robot satu ini.

Itulah tadi informasi mengenai aplikasi robot trading saham dan beberapa keunggulannya. Ternyata keberadaan robot ini sangatlah bermanfaat bagi pengguna untuk memudahkan pekerjaan mereka selama trading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *