Siapa yang belum mengenal saham ALKA? Merupakan saham dari Alakasa Industrindo Tbk. Perusahaan ini sendiri sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Tentunya tidak ada salahnya apabila Anda mencoba membeli sahamnya. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya mengecek harganya terlebih dahulu.

Sejarah Alakasa Industrindo Tbk

PT Alakasa Industrindo Tbk berdiri sejak tahun 1972 pada industri aluminium. Kegiatan komersialnya sendiri mulai dilakukan di 1973. Kemudian seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 2011, perusahaan ini mulai melakukan restrukturiasi.

Yakni dengan cara mengalihkan kegiatan operasionalnya pada anak usahanya. Tidak lain yakni PT Alakasa Extrusindo. Dengan begitu, aktivitas utama pada perusahaan ini yaitu berinvestasi pada perusahaan di bidang perdagangan maupun industri aluminium.

Selain itu, pada dasarnya masih ada banyak anak perusahaan lainnya. Seperti yang bergerak pada bidang industri karbon. Seperti Indonesia Alakasa Alumina Refineri Ltd berbasis di Hong Kong serta PT Alakasa Alumina Reniferi.

PT Alakasa Industrindo Bergerak di Bidang Apa?

Sebagian dari Anda mungkin masih belum paham tentang bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan ini. PT Alakasa ini sendiri aktif bergerak di bidang perdagangan umum, agen, industri manufaktur dan fabrikasi, kontraktor, pengolahan produk aluminium dan logam, serta masih banyak lagi.

Adapun ruang lingkup pekerjaannya adalah jasa industri untuk pengerjaan khusus logam maupun barang logam. Kemudian melakukan investasi pula di perusahaan aluminium hingga perusahaan lain yang fokus di bidang perdagangannya.

Tepat pada tanggal 30 Mei 1990, Alakasa berhasil memperoleh persetujuan dari Menteri Keuangan RI untuk menawarkan harga sahamnya. Kemudian di 12 Juli 1990 saham ALKA sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi.

Berapa Harga Saham ALKA?

Tercatat harga saham perusahaan Alakasa di tanggal 22 September 2022 adalah Rp 288. Hanya saja setiap investor nantinya perlu membelinya dalam satuan lot. Untuk 1 lot sendiri terdiri dari 100 lembar saham. Tentu bisa jadi pilihan apabila Anda ingin berinvestasi.

PT Alakasa Industrindo sendiri memiliki kantor pusat di Jl. Pulogadung Nomor 4, Jakarta Industrial Estate Pulogadung, DKI Jakarta. Tentunya apabila Anda membeli saham tersebut perlu memperhatikan strategi paling tepat. Oleh sebab itu, jangan membelinya dengan pemilihan waktu asal-asalan.

Untuk pembelian saham ini sendiri perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu ke perusahaan sekuritas terdekat. Jika sudah, maka bisa membelinya pada berbagai aplikasi karena sekarang ini dapat melakukannya secara online sehingga sangat memudahkan para investor maupun trader.

Strategi Membeli Saham untuk Pemula

Apabila Anda sudah menentukan saham mana yang ingin dibeli, maka hal ini sebenarnya tidak cukup. Pasalnya, seseorang juga perlu mempelajari lebih lanjut kapan kira-kira waktu pembeliannya. Oleh sebab itu, simak beberapa strategi selengkapnya di bawah ini:

  1. Saat Awal Penjualan

Apakah Anda ingin membeli saham, maka waktu yang tepat adalah saat awal penjualan. Hal ini berarti setidaknya lakukan di 15 menit pertama setelah opening bell. Pasalnya, periode 09.30-10.30 merupakan jam terbaik pada perdagangan harian. Oleh sebab itu, jangan ragu memantau waktunya dahulu.

Apabila Anda beruntung, maka penawaran pergerakan terbesar dari harga saham pada waktu tersingkat bisa saja terjadi. Tidak ada salahnya juga apabila memperpanjang sampai pukul 11.30 apabila ingin memperoleh poin dalam beberapa jam ke depan di perdagangan tersebut.

  1. Beli di Setiap Kuartal

Apabila Anda ingin melakukan pembelian saham secara rutin, maka sangat penting untuk memperhatikan jangka waktunya. Dalam hal ini usahakan membelinya secara bertahap yakni tiga bulan sekali. Akan tetapi, bisa juga apabila mencapai empat kali dalam setahun.

Selain itu, Anda juga dapat membeli saham dengan memperhatikan laba perusahaannya. Jika perusahaan tersebut memiliki nilai fundamental yang bagus maka tidak ada salahnya membeli secara rutin sesuai kebutuhan masing-masing.

  1. Perhatikan Bulan Pembelian

Beberapa trader maupun investor umumnya akan memperhatikan juga periode terbaik dalam membeli saham tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk turut memperhatikannya hal ini juga. Lantas, bulan apa saja yang paling tepat untuk membelinya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembelian dapat Anda lakukan selama 3 atau 4 kali dalam satu tahun. Adapun periode terbaik dalam membeli saham kemudian mulai melakukan taking profit adalah sekitar Mei, Agustus, November, dan Februari.

Itu tadi penjelasan lebih lanjut mengenai saham ALKA. Apabila Anda berniat untuk membelinya, maka jangan lewatkan beberapa strategi selengkapnya di atas. Hal ini agar nantinya pembelian tersebut dapat memberikan keuntungan tersendiri seperti yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *