Cara memulai trading saham bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus mempunyai modal besar. Bursa Efek Indonesia sendiri sudah menggalakkan kampanye yuk nabung saham untuk mendorong banyak orang tertarik berinvestasi.

Bagi Anda yang baru ingin memulai, maka bisa mengikuti panduan untuk menjalankannya. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut lagi untuk memulai investasi maupun trading saham.

Hal ini karena jenis investasi tersebut sangat menguntungkan. Namun, sebelum memulainya Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana caranya agar berpeluang memperoleh keuntungan berlipat.

9 Cara Memulai Trading Saham

Apabila Anda tertarik untuk terjun di dunia tersebut, maka silahkan simak langkah-langkahnya dalam ulasan berikut ini. Dengan demikian, Anda berpeluang besar mendapatkan banyak keuntungan.

  1. Mengenal Berbagai Instrumen Pasar Modal

Anda harus mengenal terlebih dahulu pasar modal, hak investor terhadap dividen dan apa saja risiko yang mungkin terjadi. Selain itu, perlu memahami tentang regulasi, prosedur dan legalitas bursa efek Indonesia.

Salah satu contohnya adalah prosedur melakukan transaksi jual beli. Hal ini mencakup informasi tentang RDN (Rekening Dana Nasabah) untuk investor dan peran otoritas di bursa efek sebagai pelindung investor.

  1. Menentukan Sekuritas

Cara memulai trading saham selanjutnya yaitu memilih sekuritas. Anda sebaiknya mengenal perusahaannya terlebih dahulu. Misalnya dengan melihat profil, mencari tau tentang struktur permodalan, registrasi di situs BEI dan reputasinya.

Selain itu, penting juga mengetahui berbagai fitur yang ditawarkan, mengingat kedepannya trading memakai sistem online. Oleh karena itu, harus berhati-hati dalam memilih sekuritas.

  1. Membuka Rekening

Seorang investor harus memiliki rekening saham dan RDN. Anda hanya bisa melakukan pembukaan rekening setelah memilih salah satu sekuritas yang dipercaya.

  1. Menyetorkan Dana

Apabila dana sudah tersedia, kini saatnya Anda mentransfernya ke rekening RDN milik sendiri. Setelah itu, Anda bisa langsung mulai berinvestasi. Pada umumnya dana investasi disiapkan untuk trading.

  1. Memilih Periode Trading dan Indeks Saham

Cara memulai trading saham berikutnya yaitu menentukan apakah akan berinvestasi untuk jangka pendek atau panjang. Apabila mengharapkan keuntungan yang besar, maka bisa memilih trading jangka pendek meskipun risikonya tinggi.

Langkah selanjutnya, memilih indeks saham yang tepat. BEI (Bursa Efek Indonesia) menyediakan 22 jenis indeks yang dapat dipilih. Silahkan pilih yang dapat dipakai untuk trading dan memiliki kualitas bagus.

  1. Mempelajari Aplikasi Online Trading

Anda sebagai investor wajib mempelajari berbagai macam fitur yang terdapat di aplikasi trading. Termasuk di dalamnya mengenal beberapa istilah seperti top stock, stock screener dan analysis.

  1. Memulai dengan Modal Kecil

Investasi menggunakan modal besar memang berpotensi mendapatkan lebih banyak keuntungan. Namun, bagi para pemula cara memulai trading saham sebaiknya dari modal kecil terlebih dahulu untuk meminimalisir kesalahan.

Lalu, silahkan mencoba membeli saham ketika harganya rendah atau menyentuh titik support. Meskipun harganya rendah, namun bukan berarti buruk. Hal ini karena bisa jadi besok harganya akan naik.

  1. Melakukan Analisis

Anda juga perlu melakukan analisis dengan benar dan memahami indikatornya. Dengan demikian, bisa menyusun strategi terbaik kapan waktu yang tepat untuk menjual maupun membeli saham.

  1. Mengamati Perkembangan Saham

Cara terakhir yaitu memantau perkembangan secara rutin di bursa efek. Tujuannya agar Anda dapat menemukan saham yang harganya rendah. Anda bisa membeli lalu menjual kembali saat harganya naik.

Bagi trader pemula wajib mengetahui kesembilan langkah di atas. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin meraup banyak keuntungan maka harus mempraktekkan cara memulai trading saham tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *