Di dalam pasar saham IDX biasa disebut juga sebagai Busa Efek Indonesia (BEI). Pemerintah Indonesia memutuskan untuk menggabungkan antara Bursa Efek Jakarta dan Surabaya menjadi BEI.

Zaman sekarang semakin banyak orang mengenal trading saham, akan tetapi belum tahu cara memulainya. Trading saham merupakan kegiatan jual beli atau transaksi surat perusahaan secara resmi hanya dalam jangka pendek.

Pergerakan harga yang terjadi di pasar saham sangat fluktuatif atau bisa disebut tidak tetap. Bahkan setiap saham bisa mengalami kenaikan harga yang fantastis dan penurunan harga drastis tergantung pergerakan pasar.

Saham IDX menggunakan mata uang Rupiah yang satu-satunya diakui di Indonesia. Didirikan pada tahun 1912, pasar saham BEI ini sudah diakui oleh pemerintah Indonesia dan digunakan oleh semua rakyat.

Apabila Anda tertarik memulai menabung di dalam pasar saham, sebaiknya ketahui dulu cara-caranya. Tenang saja, investor amatir bisa membeli saham dengan jumlah lot sesuai keinginan dan harga sesuai pasar.

Mulai dari modal Rp5.000 saja, Anda dapat menjalani investasi saham secara mudah. Ingin paham cara nabung di Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange wajib memahami seluruh pembahasan hingga selesai.

Cara Nabung di Saham IDX

Melalui BEI, Anda bisa menabung sekaligus berbisnis di pasar saham secara aman. Demi melancarkan proses menabung saham, Anda harus tahu caranya terlebih dahulu dengan mempelajari lewat ulasan di bawah ini.

  1. Mendaftar Akun

Untuk nabung saham IDX, cara paling awal para investor amatir wajib mendaftarkan akun baru. Akun saham yang resmi dibuat memerlukan persyaratan agar bisa digunakan untuk investasi di BEI.

Adapun beberapa syarat yang harus disiapkan seperti dokumen pribadi pendaftar akun saham. Siapkan dokumen pribadi seperti identitas KTP dan NPWP milik Anda supaya pendaftaran bisa memenuhi syarat yang berlaku.

Jika Anda memiliki buku tabungan, pastikan ikut disertakan ke kolom pendaftaran yang tersedia. Sebaiknya membuat buku tabungan terlebih dahulu sebelum mendaftarkan akun agar bisa menyertakan fotokopi halaman depan buku tabungan.

Selanjutnya gunakan materai Rp10.000 untuk memastikan pendaftaran akun berlangsung secara resmi. Karena materai yang berlaku saat ini Rp10.000, kemudian berikan tanda tangan di atasnya sebagai bukti bahwa Anda menyetujui ketentuan.

  1. Lengkapi Formulir Sekuritas

Lalu untuk menabung saham IDX harus mengisi formulir yang disediakan oleh perusahaan sekuritas. Sekuritas merupakan perusahaan yang mendapatkan izin OJK sebagai perantara dalam bursa efek atau biasa disebut sebagai broker.

Setiap perusahaan sekuritas memberikan persyaratan berbeda-beda bagi para calon investor yang sedang mendaftar. Kalau sudah melengkapi formulir sekuritas secara tepat, maka akun Anda bisa digunakan untuk trading saham sepanjang waktu.

  1. Menyetor Modal

Dalam menabung saham Bursa Efek Indonesia, Anda harus menyetorkan modal awal ke dalam rekening atas nama investor. Langkah pertama, gunakan rekening bank atas nama pribadi untuk dikirim ke rekening efek.

Saham IDX mewajibkan investor untuk memiliki rekening efek guna melancarkan transaksi juar beli di bursa efek. Setiap transaksi yang dilakukan pada pasar saham akan dilakukan secara tunai sehingga terjamin keamanannya.

Ada ketentuan berbeda-beda dalam menyetorkan jumlah modal di sekuritas tertentu yang perlu dipahami investor. Setelah paham ketentuan minimal penyetoran modal, Anda bisa menabung dengan mudah ke depannya.

  1. Lakukan Investasi

Tahap terakhir Anda sudah bisa melakukan investasi di pasar saham dengan mudah sesuai keinginan masing-masing. Anda dapat membeli saham dengan harga rendah dan berpotensi mengalami peningkatan demi meraih profit maksimal.

Pelajari cara menabung saham di Bursa Efek Indonesia secara benar, sebagai investor pemula dijamin aman dalam menjalani trading. Saham IDX menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menabung dan berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *