Cara trading saham online cukup diminati berbagai kalangan masyarakat di Indonesia yang ingin menambah pemasukannya dengan cara menjadi seorang trader. Trader merupakan sebutan bagi investor yang menjual belikan sahamnya di pasar modal.

Tingginya minat di kalangan masyarakat Indonesia ini disebabkan karena produk ini sudah menjadi produk primadona di pasar modal. Hampir setiap orang mengenal bahwa pasar modal merupakan tempatnya untuk jual beli saham.

Seiring berkembangnya zaman, kegiatan jual beli produk surat kepemilikan perusahaan ini sudah semakin maju. Kini Anda bahkan bisa melakukan transaksi secara online melalui perangkat handphone kapanpun dan dimanapun.

Definisi Trading Saham Online

Sebelum membahas mengenai cara trading saham online, Anda harus mengetahui definisinya terlebih dahulu. Secara singkat kegiatan transaksi jual beli saham di pasar modal disebut sebagai trading.

Sedangkan trader merupakan istilah bagi para pemain yang sedang melakukan trading saham. Secara sederhana trader bertugas untuk membeli instrumen saham ketika harganya turun dan menjualnya kembali ketika harga pasarannya naik.

Kegiatan trading banyak dipilih oleh sebagian kalangan orang karena memiliki jangka waktu singkat namun mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Sebelum untuk memulai kegiatan ini sebagai pemula tentunya Anda harus mengetahui beberapa langkah-langkahnya.

Beberapa Cara Trading Saham Online

Cara trading saham yang pertama adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa langkah untuk memulainya. Hal ini bertujuan supaya kegiatan transaksi yang dilakukan akan menghasilkan keuntungan.

  1. Mengenal Saham Lebih Dekat

Untuk belajar mengenai jual saham tentu saja Anda harus mengetahui definisinya terlebih dahulu. Secara singkat dapat dikatakan bahwa saham merupakan surat bukti kepemilikan investor atas perusahaan yang dibelinya.

Biasanya dijual dalam bentuk lembaran, namun pada masa digitalisasi ini, Anda tidak perlu menyimpan berlembar-lembar kertas surat tersebut di rumah karena sudah tersimpan secara otomatis di database aplikasi.

  1. Mengenal Sekuritas dan Membuka Rekening Efek

Untuk memulai transaksi di pasar modal, Anda hanya dapat mengaksesnya melalui sekuritas. Sekuritas merupakan perusahaan broker yang bertugas untuk menjadi perantara dalam kegiatan transaksi saham di pasar modal.

Setelah menemukan sekuritas yang tepat, Anda tinggal membuat rekening efek supaya dapat memulai melakukan transaksi. Kegiatan tersebut dapat dilakukan secara online maupun datang ke perusahaan sekuritas dan jangan lupa untuk menyiapkan deposit awal.

  1. Pelajari Berbagai Fitur Aplikasinya

Cara trading saham online dimulai ketika Anda sudah memiliki rekening efek dari pihak sekuritas. Jika sudah selesai mendaftar biasanya akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi perusahaan tersebut supaya dapat melakukan transaksi secara online.

Biasanya tiap aplikasi memiliki beberapa fitur yang berbeda tergantung perusahaan sekuritas masing-masing. Pilihlah sekuritas yang menawarkan berbagai fasilitas menarik dan menguntungkan pada aplikasinya sebelum bertransaksi.

  1. Mulailah dengan Modal Kecil

Sebagai pemula sangat disarankan untuk memulai transaksi dengan jumlah cukup kecil. Hal ini bertujuan supaya pada periode latihan jumlah besarnya kerugian yang didapat oleh trader dapat lebih terminimalisir.

Kegiatan trading memang memiliki keuntungan yang besar, namun jumlah kerugian dari kegiatan ini dapat lebih besar daripada jumlah keuntungannya tergantung bagaimana trader mengelola risikonya.

  1. Analisis Cara Trading Saham Online

Secara umum seorang trader melakukan kegiatan transaksi jual beli di pasar modal. Mereka membeli saham pada harga murah lalu menjualnya kembali jika harganya sudah naik di atas perkiraan mereka.

Untuk membuat perkiraan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual digunakan beberapa analisa disebut dengan analisis teknikal. Seorang trader sejati menggunakan analisis ini untuk meraup keuntungan di setiap transaksinya.

Selain melakukan beberapa langkah di atas Anda harus sering memantau perkembangan pasar modal. Biasanya terjadi beberapa pergerakan fluktuatif namun tidak perlu khawatir karena Anda sudah mengetahui cara trading saham online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *