Menggunakan simulasi trading saham online gratis adalah salah satu langkah tepat untuk mengasah kemampuan. Namun ternyata cukup banyak trader awam kurang yakin untuk memanfaatkannya.

Salah satu stigma yang sering terjadi di kalangan para pemain awam adalah simulasi tidak menggunakan pasar asli. Padahal ini jelas sebuah kesalahan karena hampir semua simulasi selalu menggunakan timeline pasar asli.

Sehingga ketika digunakan sudah seperti melakukan trading secara langsung. Namun perlu diketahui bahwa dampak yang Anda timbulkan ketika melakukan perdagangan adalah nihil pada dunia nyata.

Itulah mengapa ketika bermain menggunakan simulasi trading saham online gratis modal besar kurang kami sarankan. Ada beberapa alasan penting yang sebenarnya ingin kami jelaskan secara detail pada trader terutama pendatang baru.

Jadi simak ulasan kami pada segmen selanjutnya sehingga Anda dapat mengetahui mengapa latihan menggunakan simulasi penting. Jangan langsung terjun di pasar nyata karena bisa membuat margin call.

Keuntungan Simulasi Trading Saham Online Gratis

Langsung saja kita masuk dalam pembahasan mengenai keuntungan penggunaan simulate trading. Anda bisa menggunakan berbagai platform karena pada dasarnya sama-sama menggunakan timeline perdagangan nyata.

  • Tidak butuh uang

Tentu saja karena sebuah simulasi artinya Anda tidak membutuhkan uang sedikitpun. Bagi Anda yang baru belajar dalam dunia trading ini adalah kesempatan besar untuk merasakan simulasinya.

Perlu diketahui juga ada batasan budget yang diberikan oleh setiap platform trading. Jadi ada jangka waktu dan batasan dana untuk melakukannya, manfaatkan secara optimal.

  • Seperti market asli

Perlu diketahui bahwa simulasi trading saham online gratis menggunakan timeline market asli. Sehingga pergerakan harga semuanya dapat disamakan dengan kondisi aslinya.

Hanya saja pada saat Anda melakukan perdagangan tidak akan memberikan dampak pada pasar secara langsung. Ini adalah pembeda paling besar yang terkadang bisa membuat pemain simulasi kebingungan di real trade.

Misalnya ketika Anda melakukan trading dengan jumlah besar dan real otomatis akan masuk dalam timeline trading. Di simulasinya memang bisa membeli dalam jumlah besar dan tepat prediksi.

Hal tersebut bisa terjadi karena tidak ada sama sekali pengaruh pada timeline pasar nyata. Oleh karena itu setelah terbiasa melakukan perdagangan trial lakukan yang asli dalam jumlah kecil dulu.

  • Bisa digunakan untuk penilaian risiko

Sebenarnya tujuan paling penting dari simulasi trading saham online gratis adalah penilaian risiko. Seorang trader bisa mengetahui seperti apa risiko area perdagangan instrumen tertentu.

Kita bisa melihat naik turunnya harga pasar ketika trader tidak masuk pada market tersebut. Ketika kita masuk secara langsung tentu akan memberikan dampak pada market.

Ini adalah hal yang jarang dipikirkan oleh para trader pemula ketika sudah berhasil di dalam simulasinya. Padahal semua hasil tersebut tetap nihil nilainya karena tidak memberikan dampak pada timeline asli.

  • Mengasah analisis

Bagi seorang trader pemula simulasi trading saham online gratis dapat mengasah kemampuan analisis teknikal. Misalnya saja Anda ingin menjadi seorang day trader dalam jangka panjang.

Tidak mungkin untuk melakukan analisis fundamental setiap hari karena butuh waktu cukup lama. Dengan melakukan analisis teknikal Anda bisa memprediksi pergerakan pasar lebih cepat.

Tools untuk melakukan analisis teknikal juga bisa kita pelajari dari metatrader yang digunakan. Jadi simulasi ini juga berfungsi sebagai salah satu pengenalan platform dalam trading.

Apabila kita tidak siap dengan analisis teknikal ketika melakukan perdagangan asli tentu potensi margin call semakin besar. Oleh karena itu gunakan dulu simulasinya untuk membiasakan diri.

Sebagai seorang calon trader sudah menjadi kewajiban untuk membekali diri dengan berbagai ilmu. Paling mudah memang menggunakan simulasi trading saham online gratis sebagai platform belajar paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *