Saham BWPT merupakan kode sebutan bagi emiten dengan nama perusahaan PT Eagle High Plantation Tbk. Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit dan memiliki pabrik pengolahannya.

Perusahaan ini mendistribusikan hasil olahan kelapa sawitnya menjadi minyak goreng ke seluruh Indonesia. Berdiri sejak 6 November 2000 PT Eagle High Plantation sudah memiliki beberapa anak perusahaan untuk membantu mengembangkan usahanya.

Tergolong sebagai saham jenis industri produk makanan pertanian sub industri perkebunan dan tanaman pangan membuat BWPT memiliki kinerja cukup bagus di mata investor. Walaupun memiliki harga cukup murah, namun emiten ini sangat cocok untuk trading.

Profil Saham BWPT

Karena bergerak dalam bidang industri perkebunan sawit membuat emiten ini diminati oleh beberapa investor. Jika Anda tertarik ingin membelinya sebaiknya memahami terlebih dahulu latar belakang serta profil perusahaannya.

Didirikan pada 6 November 2020 perusahaan ini telah mencetak keuntungan cukup tinggi sehingga memutuskan untuk melepas kepemilikan sahamnya atau IPO ke publik pada 27 Oktober 2009.

Emiten ini tergolong dalam papan utama pasar modal Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebanyak 37,7% kepemilikannya dipegang oleh PT Rajawali Capital International, 37% oleh FIC Properties SDN BHD, serta 25,3% dipegang oleh masyarakat umum.

Analisis Fundamental Saham BWPT

Setelah mengetahui profil perusahaan tersebut dan jika ingin membelinya untuk berinvestasi sebaiknya melakukan beberapa langkah analisa terlebih dahulu. Langkah-langkah ini di kalangan investor biasa disebut dengan analisis fundamental.

Analisis fundamental merupakan analisa yang dilakukan investor sebelum membeli sebuah saham. Didasarkan pada kondisi perusahaan yang akan dibeli lalu dibandingkan dengan kondisi ekonomi serta industri terkait.

Pada umumnya menggunakan beberapa indikator-indikator untuk mengukurnya seperti Return on Equity (RoE), Price to Book Value (PBV), Earning per Share (EpS), dan lain sebagainya.

  1. Return on Equity (ROE)

Sebelum membeli saham BWPT sebaiknya perhatikan kembali tingkat Return on Equitynya. ROE merupakan rasio perhitungan yang digunakan oleh investor untuk mengetahui jumlah perbandingan antara pendapatan bersih dengan total modal di dalam perusahaan.

ROE merupakan salah satu unsur penting dalam teknik analisis fundamental karena berpengaruh untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat mengelola permodalan yang berasal dari dana investornya.

Sangat disarankan jika ingin berinvestasi pada perusahaan dengan ROE cukup tinggi. PT Eagle High Plantation Tbk tergolong dalam saham dengan nilai ROE cukup rendah yaitu sebesar -21% sehingga sangat cocok untuk digunakan trading bukan investasi.

  1. Price to Book Value (PBV)

Indikator lainnya dalam analisis fundamental adalah price to book value atau biasa disingkat PBV. Merupakan sebuah indikator ukuran yang digunakan oleh investor maupun trader untuk melihat mahal atau murahnya harga suatu emiten.

Sangat disarankan Anda saat berinvestasi untuk membeli di saat harga murah dan menjualnya di harga tinggi. Untuk menentukannya tinggi rendahnya harga tersebut digunakanlah Price to Book Value.

Saham BWPT memiliki nilai PBV cukup bagus yaitu 1,26X atau dapat dikatakan harga emiten ini cukup murah hanya 1,26 kali lebih tinggi dari nilai aslinya. Makin tinggi nilai PBV maka semakin tinggi pula harga saham dari nilai intrinsiknya.

  1. Earning per Share (EPS)

Earning per share atau EPS biasa digunakan sebagai acuan investor dalam menerapkan analisis fundamental sebelum mereka berinvestasi. Merupakan definisi singkat dari jumlah total laba bersih perusahaan dibandingkan dengan jumlah saham yang beredar.

Laba bersih ini mencerminkan keuntungan tiap lembar surat kepemilikan yang dimiliki oleh investor pada suatu perusahaan tersebut. makin tinggi nilainya maka makin bagus juga kondisi perusahaan itu untuk diinvestasikan.

Dengan menggunakan beberapa indikator seperti ROE, PBV, dan EPS dalam analisis fundamental Anda tidak perlu khawatir jika berinvestasi. Jika tertarik pada saham BWPT dapat dibeli dengan harga Rp 71 per lembarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *