Ada beberapa cara belajar trading saham online yang perlu diketahui, terutama bagi para pemula. Saat ini trading saham sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, karena diyakini bisa memberikan keuntungan besar.

Perlu diketahui, meskipun kedengarannya sama, namun trading saham ini berbeda dengan investasi saham. Transaksi saham yang dilakukan oleh seorang investor tidak relative singkat seperti trader.

Bagi Anda yang lebih tertarik untuk bermain trading saham namun belum sepenuhnya paham, Anda tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa tips belajar trading saham yang bisa dipelajari.

Tips Belajar Trading Saham Online

Bagi Anda para trader pemula yang ingin terjun ke dunia saham online, kini tidak perlu bingung. Berikut ini beberapa tips belajar trading saham yang mudah untuk dipelajari, di antaranya :

  1. Kenali pasar modal serta saham

Tips belajar trading saham online yang pertama, Anda perlu mengenali terlebih dahulu apa itu pasar modal beserta instrument-instrumennya termasuk saham. Pemula dapat mempelajarinya secara cuma-cuma dengan mendaftarkan diri di SPM.

SPM ini merupakan Sekolah Pasar Modal yang difasilitasi oleh BEI (Bursa Efek Indonesia). Anda akan diminta menyiapkan dana sebesar 100 ribu gunanya untuk membuka rekening saham di perusahaan sekuritas.

  1. Mempelajari analisis saham

Dengan mempelajari analisis saham akan menuntun Anda dalam bermain trading saham yang tepat dan menghindari kerugian. Di SPM level 2, Anda akan mendapatkan materi dasar analisis saham, fundamental maupun teknikal.

Perlu diketahui, Bursa Efek Indonesia membagi SPM menjadi 2 level yaitu SPM level 1. Berisi materi investasi di pasar modal, struktur pasar modal di Indonesia.

Serta efek dan mekanisme perdagangan saham hingga AKSes atau acuan kepemilikan di sekuritas. Sedangkan SPM level 2 berisi materi analisis teknikal dan juga analisis fundamental.

  1. Mulai membuka saham online di perusahaan sekuritas

Tips belajar trading saham online berikutnya, setelah Anda memperoleh pengetahuan mendasar terkait pasar modal dan saham. Sekarang saatnya Anda membuka saham online di perusahaan sekuritas sebagai syarat trading saham.

Rekening efek atau rekening saham dibuka dengan cara mendaftarkan diri Anda ke perusahaan sekuritas. Caranya juga mudah, setelah Anda memilih perusahaan sekuritas, instal aplikasi atau registrasi di web resminya.

Lalu persiapkan beberapa dokumen pribadi yang diperlukan serta rekening tabungan. Lakukan deposit awal ke RDI atau Rekening Dana Investor. Baru setelah itu Anda sudah bisa mulai membeli atau menjual saham.

  1. Mulailah dengan modal kecil

Tips belajar trading saham online selanjutnya mulai dengan modal kecil. Meskipun ada trader yang berhasil meraup banyak keuntungan dengan modal besar. Bukan berarti Anda  harus mengeluarkan modal besar juga.

Minimalkan kerugian yang tidak terduga dengan modal kecil. Melakukan trading dengan modal kecil, juga dapat membantu Anda dalam belajar dari kesalahan trading. Apalagi Anda merupakan seorang trader pemula.

  1. Pelajarilah cara jual beli lewat aplikasi trading online

Tips belajar trading saham online selanjutnya pelajarilah cara jual beli lewat aplikasi trading online. Seperti kita ketahui, semua perusahaan sekuritas saat ini menyediakan apk trading online bagi para investor.

Di apk tersebut Anda dapat memilih, menjual dan membeli saham. Di dalam perdagangan saham, Anda dapat menjual atau membeli minimal 100 lembar saham atau 1 lot.

Banyaknya lot saham yang dimiliki itu tergantung dari dana yang digunakan serta harga per lembar saham. Biasanya perusahaan sekuritas akan menyediakan cara penggunaan aplikasi. Anda bisa mempelajari tutorial tersebut.

  1. Mulailah beli dan jual saham di LQ45

Membeli saham liquid bisa meminimalkan risiko saat trading saham. Anda bisa cepat-cepat menualnya ketika terjadi penurunan harga saham. Untuk mengetahui saham yang liquid, Anda bisa mengecek di indeks LQ45.

Jadi, Anda sebagai trader pemula kini sudah tidak perlu bingung bermain trading saham. Sebab sudah ada beberapa tips belajar trading saham online yang mudah untuk dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *