Bagi Anda yang tertarik terjun ke dunia investasi trading namun tidak tahu bagaimana daftar trading saham, maka tidak perlu khawatir. Sebenarnya langkah-langkah registrasi ini menjadi sangat mudah bahkan ketika tersedia berbagai jenis aplikasi khusus trading secara online.

Cara-Cara Daftar Trading Saham

Ada beberapa langkah dalam daftar trading saham yang bisa Anda lakukan. Tentu saja hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi seorang pemula karena harus mempertimbangkan tingkat kesulitannya. Maka dari itu, penting mengetahui bagaimana proses pendaftarannya seperti berikut ini:

  1. Membuka Rekening Efek

Pertama-tama, Anda bisa membuat rekening efek terlebih dahulu. Rekening efek ini adalah rekening yang akan menjadi tempat untuk order penjualan dan pembelian saham pertama kali sehingga tidak sama seperti jenis rekening bank pada umumnya.

Untuk membuka rekening efek ini, Anda harus mencari perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Selanjutnya bawalah beberapa persyaratan fotokopi seperti buku tabungan, KTP, NPWP hingga materai dua lembar.

  1. Menyetorkan Dana Investasi

Sama halnya ketika Anda melakukan investasi trading forex, maka harus menyetorkan sejumlah dana sebagai modalnya. Jadi setelah memiliki rekening efek terlebih dahulu baru bisa menyetorkan uang tersebut.

Nominal dana yang bisa Anda setorkan umumnya berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dari sekuritasnya. Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu berapa banyak modal minimumnya untuk memulai trading pada perusahaan sekuritas.

  1. Memulai Berinvestasi

Setelah dana berhasil masuk ke rekening efek, ini artinya Anda sudah bisa untuk memulai proses jual beli saham. Bahkan saat ini, investasi trading merupakan aktivitas penanaman modal yang juga dapat mereka lakukan secara online. Ini artinya tanpa harus datang ke kantor Bursa Efek Indonesia dulu.

Investasi lewat Bursa Efek Indonesia pun juga bisa Anda lakukan secara mudah dan praktis. Transaksi saham dapat Anda proses dengan cepat lewat akses internet saja. Dengan begitu, aktivitas trading pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Tips Memulai Trading Saham

Tidak hanya memperhatikan cara-cara daftar trading saham, Anda juga perlu mengetahui tips apa saja untuk memulai trading ini. Mengingat bahwa semua perdagangan saham tentu memerlukan beragam jenis tips dan trik agar tidak secara sembarangan.

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Saat Anda memulai membeli saham, mulailah dulu dengan memilih perusahaan sekuritas yang kredibel dan terpercaya. Melalui pemilihan ini, tentu membuat persentase biaya rendah sehingga tidak akan terasa memberatkan, misalnya saja nilai biaya sebesar 0,2% dari keseluruhan jumlah pembelian.

Nilai tersebut bisa Anda anggap lebih sempurna dan bisa mengoptimalkan keuntungan selama melakukan trading. Dengan begitu, nantinya akan jadi mudah menguntungkan selama memperoleh profit sebanyak mungkin. Mengingat bahwa segala jenis trading selalu memerlukan resiko.

  1. Melakukan Transaksi dengan Kesabaran

Kesabaran merupakan salah satu kunci sukses yang ada pada dunia trading khususnya ketika memilih untuk berinvestasi saham. Khusus bagi pemula, sarannya adalah dengan memilai modal kecil terlebih dahulu. Hal ini juga penting demi meminimalkan apa saja resiko terjadi ke depannya.

Setelahnya, Anda bisa menambahkan modal seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya pengetahuan di bidang trading. Kesabaran Anda juga akan teruji pada saat menghadapi kerugian. Jadi hadapilah kerugian trading dengan pikiran jernih terlebih dahulu tanpa ada emosi berlebihan.

  1. Membuat Planning Trading

Perlu Anda tahu sebelumnya bahwa ada dua cara trading saham bisa dilakukan sesuai dengan periodenya. Pertama adalah jangka panjang dan kedua yakni jangka pendek. Trading jangka pendek biasanya memiliki resiko kerugian lebih besar namun menawarkan peluang profit cenderung tinggi.

Sementara untuk periode jangka panjang, peluang keuntungan yang Anda peroleh tentunya jauh lebih besar. Terlebih saat perusahaan tersebut mempunyai reputasi dan fundamental dengan baik. Jadi jangan sembarangan dalam menentukan perencanaan trading karena sangat berpengaruh.

Itulah tadi sedikit tips dan cara daftar trading saham yang bisa Anda ikuti sebagai pemula. Tentu saja hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi seorang pemula ketika memutuskan untuk terjun ke dunia trading.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *