Bermain trading saham untuk pemula tentu membutuhkan banyak pengetahuan. Sebelum terjun berinvestasi, ada baiknya investor pemula untuk memahami hal apa saja yang perlu dihindari ketika investasi dilakukan.

Sebagian investor banyak mengalami kegagalan untuk mendapatkan keuntungan karena beberapa faktor. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya pengetahuan serta informasi paling tepat berkaitan dengan investasi.

Investor cenderung pernah melakukan beberapa kesalahan saat memulai investasi. Oleh sebab itu, sebagai tambahan wawasan, Anda bisa menghindari beberapa kesalahan yang pernah dilakukan investor berikut ini.

Kesalahan Trading Saham untuk Pemula yang Wajib Dihindari Agar Tidak Mengalami Kerugian

Meskipun tidak ada yang dapat memastikan bahwa investasi akan mendatangkan keuntungan, namun ada baiknya untuk menghindari hal-hal penyebab kerugian. Beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Tujuan Investasi Tidak Jelas

Berinvestasi harus dilakukan dengan tujuan jelas. Sebelum investasi dilakukan, pemula wajib menetapkan goal atau tujuan masing-masing, yaitu apa yang ingin dicapai dari kegiatan berinvestasi tersebut.

Sebagai contoh, trading saham untuk pemula bisa menentukan tujuan perolehan keuntungan yang dibutuhkan. Misalnya mengumpulkan Rp50.000.000 untuk memenuhi dana pendidikan perguruan tinggi atau Rp500.000.000 untuk dana pensiun, hal tersebut merupakan sasaran paling tepat.

Sebagian investor pemula terkadang tidak memiliki tujuan jelas dalam berinvestasi. Banyak dari investor pemula tersebut hanya ikut-ikutan namun tidak mengerti bagaimana kegiatan investasi sebenarnya dilakukan.

  1. Kurang Realistis Terhadap Risiko

Trading saham untuk pemula tentu juga dihadapkan pada berbagai jenis risiko. Adanya risiko selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan hasil investasi, sehingga semakin besar penanaman modal, maka risiko juga semakin meningkat.

Anda akan menghadapi risiko sesuai besaran modal berinvestasi. Banyak investor khususnya para pemula dalam dunia investasi tergiur dengan berbagai tingkat keuntungan tidak wajar ditambah dengan risiko yang minim.

Hal tersebut harus Anda hindari, karena berpotensi dapat mendatangkan kerugian. Anda tidak bisa langsung mempercayai janji pemberian keuntungan yang tidak wajar serta harus realistis dengan risiko.

Pastikan saat trading saham untuk pemula wajib mengetahui institusi yang menawarkan investasi tersebut. Institusi yang dipilih harus memiliki izin dari lembaga yang berwenang seperti Bank Indonesia hingga Otoritas Jasa Keuangan.

  1. Terlalu Fokus Pada Periode Jangka Pendek

Berinvestasi jangka pendek umumnya memang lebih cepat menguntungkan. Berbeda dengan periode jangka panjang yang membutuhkan waktu relatif lebih lama, namun sebanding dengan besaran keuntungan dari return saham.

Banyak investor pemula terlalu berfokus untuk mendapatkan keuntungan secara cepat melalui periode jangka pendek. Anda perlu mengetahui bahwa time horizon suatu instrumen bergantung pada jenis investasi dan periodenya.

Dengan begitu, Anda tidak boleh terlalu berfokus pada periode jangka pendek saja. Sebaiknya, Anda juga mencoba untuk menjalankan investasi dalam jangka panjang, sehingga lebih menguntungkan di masa depan.

  1. Tidak Fokus Pada Rencana

Hal lain yang dapat menggagalkan trading saham untuk pemula adalah kurangnya fokus pada tujuan. Rencana dibuat untuk dijalankan dengan baik, namun banyak investor pemula tidak disiplin dan kurang fokus mewujudkannya.

Kedisiplinan dalam berinvestasi dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan untuk berfokus pada pencapaian tujuan yang telah direncanakan, sehingga goal dapat tercapai dengan baik.

  1. Terlalu Cepat Mengambil Keputusan

Faktor terakhir ini merupakan hal yang paling umum terjadi dan dilakukan oleh investor. Semangat yang terlalu tinggi menjadi penyebab utama para investor menentukan keputusan tanpa pertimbangan matang.

Jika Anda terlalu terburu-buru, bukan hal yang tidak mungkin Anda akan salah mengambil keputusan. Hal tersebut pada akhirnya akan berdampak pada kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Anda bahkan bisa menemui kerugian ketiga mengambil keputusan tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menilai dan mempertimbangan pengambilan keputusan terkait investasi dengan lebih baik dan tidak terburu-buru.

Dengan menghindari hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mencegah kerugian terjadi pada saat berinvestasi. Hal tersebut khususnya berlaku ketika trading saham untuk pemula, sehingga investor bisa mengoptimalkan return mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *