Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dahulu bagaimana cara saham yang baik untuk trading sebelum memulainya. Terlebih apabila ingin menjalaninya dalam jangka panjang. Sebab, jenis investasi ini terbilang susah-susah gampang. Tetapi, jika akan lebih sulit apabila benar-benar tidak memiliki ilmunya.

Bagaimana Cara Memilih Saham yang Baik Untuk Trading?

Saat ingin membeli saham, maka pastikan jangan sampai memilihnya dengan semba’rangan. Pasalnya, penting untuk mempertimbangkan pemilihan saham pada perusahaan yang bagus meski harganya wajar daripada perusahaan biasa harga murah. Di bawah ini beberapa cara lebih lengkapnya:

Perhatikan Market Cap Perusahaan

Untuk mengawali trading maupun investasi saham, maka sangat penting bagi Anda memperhatikan dan menganalisis market cap sebuah perusahaan. Dalam hal ini lihat indikasi tentang ukuran usahanya sekaligus besaran persentase pemegang sahamnya. Oleh sebab itu, pastikan jangan asal memilih saja.

Umumnya, perusahaan yang mempunyai nilai kapitalisasi besar tergolong sebagai bonafide sehat di bawah naungan BUMN. Hal ini karena jumlah pendapatannya termasuk stabil dan besar. Belum lagi adanya banyak investor yang memberikan pendanaan sehingga cocok menjadi saham pilihan Anda.

Cek Laba Perusahaan

Pastikan Anda melihat dahulu seperti apa tren pendapatan atau laba dari perusahaan. Umumnya hal ini dapat terlihat selama satu tahun sebelumnya. Tidak ada salahnya juga apabila mengetahui laporan kerugian sebagai perbandingannya. Tentu lebih mudah untuk mengecek pertumbuhannya.

Dengan mengamati data tersebut, maka Anda akan memperoleh sejumlah gambaran tentang perusahaan manakah yang nantinya akan dipilih untuk trading. Pastikan menemukan profil usaha dengan tren pertumbuhan bagus. Hal ini agar nantinya lebih mudah dalam memperoleh keuntungan investasi.

Fokus dengan Saham Likuiditas Tinggi

Anda juga perlu fokus pada saham yang memang memiliki likuiditas cukup tinggi. Yakni salah satu istilah sebagai gambaran ramai atau tidak sebuah transaksi jual beli di pasar modal. Hal tersebut berarti apabila angkanya semakin tinggi tentunya para trader semakin mudah apabila ingin membeli maupun menjualnya.

Tepatnya sesuai dengan harga yang diinginkan. Oleh sebab itu, tidak perlu terburu-buru dalam mengambil keputusan dalam pemilihan saham tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memperoleh keuntungan secara optimal.

Selalu Amati Perubahan Harga

Umumnya setiap trader akan memperoleh keuntungan yang berasal dari perubahan harga aset dalam jangka pendek. Oleh sebab itu, sangat penting memperhatikan sekaligus mengamati perubahannya. Jangan hanya mempertimbangkan beberapa hal di atas saja.

Terlebih, adanya perubahan harga yang cukup tinggi nantinya dapat menimbulkan resiko cukup tinggi. Seorang trader tentunya perlu berhati-hati apabila mereka ingin memilih saham dengan kriteria tersebut. Untuk itu, jika ingin trading harian maka cek dahulu perubahan harganya serta frekuensi transaksinya.

Pastikan Grafik Saham Mudah Dianalisis

Langkah selanjutnya adalah dengan memilih saham yang grafiknya mudah dianalisis. Salah satunya adalah menggunakan analisis teknikal sehingga dapat memanfaatkannya untuk semua aset. Hanya saja terkadang terdapat kesulitan dalam membacanya. Oleh sebab itu, penting menghindari saham seperti ini.

Supaya Anda memperoleh laba atau keuntungan trading secara optimal, maka pastikan menghindari saham yang grafiknya cukup sulit dianalisis. Saat ini sendiri analasis menggunakan metode teknikal bisa jadi pilihan paling tepat dan kredibel sehingga pastikan menerapkannya.

Bandingkan Saham dengan Indeks

Pastikan juga membandingkan saham yang sudah Anda pilih sebelumnya dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yakni wakil dari industri sahamnya. Hal ini karena saham yang mempunyai korelasi cukup baik dengan indeks tersebut tentunya dapat berpotensi mengalami kenaikan.

Oleh sebab itu, jangan terburu-buru dalam memilih saham. Terlebih apabila ingin menggunakannya untuk trading. Pastikan memilih yang terbaik dengan cara membandingkannya terlebih dahulu. Cara ini tentunya sangat efektif agar terhindar dari kerugian dan memperoleh keuntungan maksimal.

Pilih Saham dengan Sentimen Bagus

Terakhir, Anda perlu memilih saham berdasarkan sentimen yang bagus. Dengan begitu, baik para investor maupun trader dapat mendorong pembelian sahamnya sehingga bisa mengontrol harganya. Itulah mengapa jangan melewatkan untuk mempertimbangkan hal ini.

Apabila sentimen sahamnya sedang buruk, maka tentunya dapat menyebabkan para trader ramai menjualnya. Anda tentu perlu memperhatikan sentimen tersebut karena nantinya akan memberikan pengaruh terhadap harga saham secara harian.

Itu tadi beberapa cara pilih saham yang baik untuk trading jangka panjang. Sekarang tentu sangat penting bagi Anda untuk menerapkannya. Mengingat investasi satu ini perlu terus dipelajari agar tidak salah dalam membelinya sehingga lebih mudah terhindar dari adanya kerugian finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *