Sudah tahukah Anda tentang tools untuk trading saham? Jika belum maka tentu sangat penting untuk mengetahuinya terlebih dahulu. Pasalnya, dapat bermanfaat untuk membantu trader menganalisis grafik harga. Dengan begitu, lebih mudah memperoleh sinyal penjualan maupun pembelian.

Tools Untuk Trading Saham

Saat Anda ingin melakukan analisis secara teknikal, maka solusinya adalah dengan memanfaatkan tools trading saham. Terlebih sekarang ini pengguna tools tersebut sudah semakin banyak sehingga jangan sampai ketinggalan. Agar lebih jelas, berikut beberapa rekomendasinya:

  1. Trend Line

Trend Line pada dasarnya adalah garis yang dapat Anda manfaatkan untuk mengecek trend saat itu. Dengan begitu, setiap trader berpotensi memperoleh imbal hasil secara maksimal. Pada tools tersebut sendiri mempunyai garis trend sehingga mudah mengetahui apa trend sekarang.

Tidak hanya itu, apabila Anda memakai Trend Line maka dapat efektif mengecek harga maupun pergerakan saham. Trader juga dapat menentukan kapan waktu terbaik melakukan trading agar memperoleh profit meskipun nominalnya tidak besar. Saat ini pun sudah ada banyak pengguna tools tersebut.

  1. Horizontal Line

Merupakan salah satu tools yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan analisis teknikal saham di dunia trading. Adapun fungsi utamanya adalah mengecek level support sekaligus resistance sehingga sangat cocok bagi setiap pemula agar lebih mudah mengetahuinya.

Pasalnya, dengan Anda mengetahui level suport dan resistance tersebut akan lebih mudah mengantisipasi pergerakan harga. Umumnya, harga akan mengalami pergerakan apabila levelnya mengalami kenaikan. Tentu tidak ada salahnya mencoba menggunakan tools satu ini.

  1. Fibonacci Retracement

Perlu Anda ketahui, bahwa Fibonacci Retracement merupakan salah satu tools lain yang direkomendasikan. Alat bantu tersebut nantinya akan memanfaatkan Fibonacci ratio dengan tujuan menentukan level target price. Caranya mengetahuinya sendiri terbilang cukup mudah termasuk bagi pemula.

Yakni menarik garis harga tertinggi dan terendahnya. Dengan begitu, level harganya akan tergambar secara otomatis. Agar dapat mencapai garis-garis dari tools tersebut sehingga para pelaku trading dapat menjadikannya sebagai acuan. Dapat pula memakainya menjadi resistance ataupun support.

  1. Rectangle

Termasuk sebagai tools analisis teknikal yang dapat Anda coba selanjutnya. Umumnya berguna dalam mendapatkan konsolidasi pada area cukup sempit. Untuk penggunaannya sendiri biasanya akan berkaitan dengan strategi trading. Salah satunya seperti Box Theory dengan penciptanya Nicholas Darvas.

Apabila Anda memanfaatkan tools Rectangle, maka akan lebih mudah mengecek seperti apa proyeksi harga saham. Umumnya hal ini akan sering bergerak pada kotak imajiner. Tentu saja pengguna dapat melakukan pembelian apabila harganya naik atau tepat saat berada di bagian luar kotaknya.

  1. Stock Chart

Apabila Anda termasuk sebagai saham pemula, maka tentu tidak boleh terlepas dari tools yang digunakan. Salah satu pilihan terbaiknya adalah stock chart. Nantinya pengguna akan memperoleh grafis dengan tampilan harga maupun volume pergerakan saham tentunya berdasarkan waktu tertentu.

Anda akan menemukan sumbu X sebagai tanda pergerakan harga saham serta sumbu Y yang mempresentasikan periode waktu. Tidak heran jika tools satu ini termasuk sebagai pilihan penting bagi para trader apabila ingin melakukan analisis secara teknikal di dunia trading.

  1. Stock Screener

Tools yang satu ini dapat memudahkan trader dalam mencari saham dengan cepat. Tentunya sesuai dengan kriteria tertentu. Seperti nilai dan ukuran perusahaan, kapitalisasi pasar, harga saham, hingga tingkat imbal hasil dari perusahaan atau disebut dengan dividend yield.

Stock Screener ini sendiri dapat Anda gunakan secara gratis alias tanpa biaya. Akan tetapi terdapat pula yang mempunyai sifat independen sehingga trader perlu berlangganan terlebih dahulu saat ingin memakainya. Oleh sebab itu, pastikan memilihnya berdasarkan ketersediaan dana atau modalnya saja.

  1. Mobile Trading App

Mobile Trading App sangat cocok digunakan para trader pemula. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menggunakannya kapan saja dan dari mana saja. Memiliki versi aplikasi, maka pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah dan praktis.

Tentu saja penggunaan aplikasi tersebut akan memberikan kemudahan bagi para trader untuk melakukan monitoring pergerakan harga saham setiap harinya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan kapan waktu paling tepat memilih menjual atau membeli saham.

Itu tadi beberapa rekomendasi tools untuk trading saham. Tentu saja sangat penting untuk menggunakannya terlebih apabila Anda termasuk pemula. Terlebih setiap tools sendiri umumnya mempunyai cara penggunaan yang mudah sehingga jangan khawatir memakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *