Saat ini saham menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer. Anda tidak perlu heran apa alasannya karena dalam trading mampu memberikan jumlah return cukup tinggi. Maka dari itu, penting bagi seorang pemula mengetahui bagaimana cara memilih rekomendasi trading saham hari ini.

Cara Memilih Rekomendasi Trading Saham Hari Ini

Sayangnya, tidak sedikit dari masyarakat pun merasa gagal atau bahkan mengalami banyak kerugian dalam investasi. Hal ini bisa terjadi karena mereka juga kurang pandai dan mahir dalam melakukan analisa dan prediksi saham. Berikut ini beberapa cara memilih rekomendasi trading saham:

  1. Memilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil

Perlu Anda tahu sebelumnya, bahwa dalam investasi saham, investor harus membuka rekening terlebih dahulu. Hal ini sudah menjadi salah satu fasilitas dari perusahaan sekuritas. Ketika rekening telah selesai dibuat, selanjutnya investor harus menyetor sejumlah uang agar masuk ke rekening efek.

Uang di dalam rekening efek tersebut nantinya berfungsi sebagai e-money. Dana ini akan mereka gunakan kembali untuk membeli saham online. Jadi biaya transaksi yang dimaksud yakni biaya jual dan beli saham. Nantinya menjadi profit bagi perusahaan broker tersebut.

  1. Menghitung Prediksi Untung dan Rugi

Ada beberapa saham yang memang hanya dijual pada harga Rp 50 perak saja per lembarnya. Tentu Anda belum pernah mendengar hal ini. Dalam investasi saham sendiri, trader hanya bisa melakukan pembelian saham pada satu lot saja yang terdiri dari 100 lembar saham.

Jadi jika Anda membeli saham dengan harga Rp 50 per lembar, maka hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 5 ribu. Di awal-awal waktu memang tidak perlu membeli yang mahal, pilih saja sesuai kemampuan dana Anda. Rumusnya yakni patok keuntungan sebesar 1% dari modal awalnya.

  1. Memilih Saham yang Ada di Dalam IDX30 dan LQ45

Tips penting bagi Anda yakni perlu memilih saham yang ada di dalam IDX30 maupun LQ45. Daftar saham ini merupakan hasil dari Bursa Efek Indonesia atau BEI. Tentu sudah menjadi ukuran statistik mengenai perubahan gerak harga daari kumpulan saham berdasarkan kriteria tertentu.

Bagi para pemula yang masih bingung dengan pembelian saham tersebut, bisa memilih saham di dalam IDX30 dan juga LQ45. Jangan khawatir karena saham di dalamnya kebanyakan mempunyai tingkat likuiditas cukup tinggi. Jadi perusahaan tersebut memiliki latar belakang baik dan aman.

  1. Membeli Saham dari Perusahaan Consumer Goods dan Perbankan

Sesudah mengenal apa itu indeks saham dari IDX30 dan LQ45, langkah selanjutnya adalah Anda bisa emmilih saham dari perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods dan perbankan. Pembelian saham dari mereka menjadi cara paling mudah untuk menjamin keamanan dan latar belakangnya.

Bahkan banyak orang yang merasa bahwa saham dari perusahaan consumer goods merupakan cara paling bijak untuk mendapat pengalaman bermain saham pertama. Hal ini tentu jadi solusi terbaik bagi trader pemula jika mereka ingin mendapatkan keamanan bertransaksi saham.

  1. Membeli Saham Fundamental dengan Keuangan Stabil dan Baik

 

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan yakni membeli saham yang keuangannya baik dan stabil. Jadi alangkah lebih baik untuk membaca portofolio dan latar belakang tiap perusahaan sebelum membelinya. Langkah ini menjadi filtering secara teliti agar benar-benar terjamin keamanannya.

Dengan memilih perusahaan yang keuangannya fundamental, Anda bisa menekan kerugian semaksimal mungkin. Mengingat bahwa dalam trading memang sangat erat dekat dengan resiko merugi.

  1. Memeriksa Laporan Keuangan

Langkah selanjutnya yang bisa membantu Anda untuk lebih mengenal manajemen perusahaan adalah dengan memeriksa laporan keuangan. Tidak hanya itu saja, penting juga dalam memeriksa pergerakan setiap profitnya berjalan secara stabil atau bahkan merugi dalam waktu lama.

Terlepas dari lima poin di atas., Anda juga harus rajin untuk membaca berita ekonomi. Jangan lupa juga mencari tahu mengenai apa saja yang terjadi dalam perusahaan tersebut khususnya jika berhubungan dengan masalah keuangan baik meskipun hanya secara general.

Tidak hanya sekedar memilih rekomendasi trading saham hari ini saja, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja cara-cara untuk menentukan pilihan. Hal ini memang perlu dikuasai bagi seorang investor khususnya pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *