Trading harian adalah kegiatan jual beli instrumen keuangan di hari yang sama beberapa kali. Hal ini sering menjadi pilihan bagi investor pemula untuk belajar karena keuntungan juga cukup berpeluang apabila memainkannya dengan benar. Lantas bagaimana cara trading saham bagi pemula?

Tips Trading Saham bagi Pemula

Apabila bermain saham dengan benar bisa Anda lakukan sekalipun masih dalam status pemula, tentu keuntungannya juga berkali-kali lipat. Namun sebenarnya hal ini juga bisa menjadi berbahaya jika masih asal untuk memainkannya. Jadi jangan lupakan beberapa tips di bawah ini:

  1. Memperbanyak Pengetahuan Trading

Ada banyak hal yang perlu Anda tahu mengenai trading saham ini. Mulai dari prosedur cara penggunaan, pembacaan tren pergerakan harga hingga penentuan keputusan. Tentu beberapa pengetahuan seperti ini tidak bisa diketahui dalam waktu singkat sehingga harus benar-benar belajar.

Selain pengetahuan tersebut, trader juga perlu mengikuti berita dan peristiwa pasar saham paling update. Pasalnya setiap pergerakan tersebut akan selalu berpengaruh terhadapharga saham seperti halnya rencana suku bunga Fed hingga prospek ekonomi yang terjadi ke depannya.

  1. Menyisihkan Dana

Sebagai langkah awal bagi seorang trader, tentu harus mempersiapkan sejumlah dana untuk mengetahui seperapa banyak modal yang perlu Anda siapkan. Banyak dari mereka mengaku sukses dengan memasang resiko kruang dari 1 sampai 2 persen daripada akun setiap kali akan trading.

Apabila Anda memiliki dana sebesar Rp 4 juta dan bersedia mengambil resiko hingga 0,5% dari modal, maka kerugian maksimal per transaksi adalah Rp 20 ribu. Sebagai trader pemula harus belajar untuk menyisihkan dana surplus yang bisa diperdagangkan dan siap jika harus mengalami kekalahan.

  1. Menyisihkan Waktu dalam Sehari

Sudah menjadi kewajiban baru bagi seorang trader ketika mereka harus menyisihkan waktu setiap harinya. Bahkan hal ini tidak semudah yang Anda pikirkan. Hal ini menjadi alasan mengapa tidak semua orang bisa melakukan trading tiap hari mengingat jika cukup padat kesibukan lain seperti kerja kantor.

Namun pada kenyataannya jika Anda benar-benar memutuskan untuk terjun ke dunia saham, maka pertimbangkan saat harus menyisihkan sebagian waktu tersebut. Proses ini memang diperlukan guna memantau pasar dan juga spot opportunities karena setiap hari bisa saja berbeda setiap menitnya.

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas dan Membuka Rekening Efek

Langkah berikutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah menentukan pilihan terhadap perusahaan sekuritas. Biasanya mereka memiliki sebutan lain yakni broker saham sebagai perantara jual beli saham. Dengan begitu, sebagai investor pemula harus memilihnya terlebih dahulu.

Mengingat bahwa perusahaan sekuritas yang akan menyediakan segala proses transaksi trading saham dan persentase harga rendah. Selain itu, Anda juga wajib untuk membuka rekening efek. Caranya pun sangat mudah yakni hanya perlu mengisi formulir online dan datang ke kantor cabang.

  1. Memilih Periode dan Indeks Saham yang Tepat

Berikutnya Anda juga perlu menentukan periode dari trading saham tersebut. Hal ini berhubungan dengan peroleh keuntungan semaksimal mungkin yang akan diperoleh saat memilih trading saham jangka pendek ataupun panjang.

Berikutnya Anda perlu memilah dari banyaknya indeks saham yang tersedia di Bursa Efek Indonesia. Di BEI sendiri tersedia 22 jenis indeks sehingga perlu menentukannya terlebih dahulu. Misalnya IDX30 berisikan 30 saham berkualitas tinggi milik perusahaan ternama.

  1. Memulai dari Modal Kecil

Trading saham memang terasa lebih menguntungkan apabila Anda berhasil investasi dengan modal besar di awalnya. Namun hal ini tentu terasa tidak mungkin bagi investor pemula karena mereka merasa kesulitan untuk menyiapkan dana dalam jumlah banyak.

Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan modal kecil di awal trading. Hal ini juga membuat Anda belajar dulu dengan dana seadanya sebelum terjun pada modal besar. Mengingat jika semakin besar uangnya maka membuat resikonya juga kian tinggi sehingga harus benar-benar berhati-hati.

Ada beberapa tips trading saham bagi pemula yang bisa Anda ikuti seperti di atas. Tidak hanya belajar saja namun juga memperbanyak latihan. Mengingat bahwa investor profesional pun sudah memiliki jam terbang sebanyak mungkin sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *