Mengenali peluang trading saham secara aman sebagai usaha tambahan memang terasa begitu ideal. Saat ini juga banyak tersedia perusahaan menyediakan webinar gratis untuk mengenalkannya pada sebagian besar orang. Lantas bagaimana cara dapatkan penghasilan trading saham maksimal?

5 Cara Dapatkan Penghasilan Trading Saham

Modal yang Anda perlukan untuk trading maupun investasi saat ini memang terasa sangat terjangkau. Bahkan beberapa orang bisa memulainya hanya dari nominal Rp 100 ribu saja. Berapapun modalnya, aktivitas saham ini memang membutuhkan sana sesuai kemampuan trader.

  1. Memulai dari Modal Kecil

Hal ini penting untuk Anda pahami terutama jika masih belum memiliki pekerjaan tetap. Pahami dulu bahwa semua kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas saham selalu memerlukan modal sekecil apapun. Maka dari itu, persiapkan saja modal kecil terlebih dahulu sesuai dengan kemampuan.

Anda bisa mengandalkan tabungan atau sisa pesangon jika masih belum memiliki penghasilan. Jadi harus mengaturnya sedemikian rupa agar tetap bisa memenuhi kebutuhan harian. Oleh karenanya, trading saham dengan modal kecil terlebih dahulu dan jangan memaksakan diri dengan modal besar.

  1. Memilih Sekuritas dengan Biaya Transaksi yang Kecil

 

Saat ini, memang ada banyak opsi sekuritas yang bisa Anda tuju untuk melakukan trading saham. Sebagai calon trader, maka harus bisa memilih perusahaan dengan biaya transaksi cukup kecil di dalamnya. Hal ini mencakup mulai dari biaya transaksi pembelian maupun penjualan.

Namun tidak hanya memperhatikan biaya transaksi saja, karena tetap harus memilih perusahaan sekuritas yang sudah pasti terpercaya, terdaftar hingga berizin resmi. Izin ini mereka peroleh dari badan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan demi menunjukkan keamanan bagi semua pengguna.

  1. Membeli Saham dengan Fundamental yang Bagus

Dengan modal yang kecil, Anda harus memastikan terlebih dahulu dan lebih selektif pada saat hendak membeli saham. Pilih saham bervaluasi murah atau mungkin sedang menyediakan diskon. Namun tetap pastikan jika masih mempunyai fundamental bagus baik dari prospek atau sisi laporan.

Apabila Anda masih bingung dengan saham yang murah dan bagus, maka bisa melihat indeks sahamdi IDX Value 30. IDX Value 30 ini merukan indeks untuk mengukur kinerja harga dari 30 saham dan memiliki valuasi harga rendah dan likuiditas transaksi sekaligus kinerja keuangan baik.

  1. Rajin Mempelajari Cara Trading yang Tepat

Walau trading saham dengan budget seadanya bisa Anda lakukan, bukan berarti trading bisa dilakukan secara sembarangan. Justru hal ini dapat menjadi sebuah motivasi untuk sukses dan mendapatkan finansial semaksimal mungkin. Caranya yakni dengan belajar ilmu-ilmu baru trading.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan mulai dari mengikuti seminar dan pelatihan, mencari buku di internet, membeli buku maupun bergabung ke komunitas trading. Belajarlah cara membaca pola grafik, membaca resistance dan support, swing trading hingga membuat trading plan dalam saham.

  1. Menghindari Kesalahan saat Trading Saham

Bagi orang-orang yang baru saja terjun ke dunia saham, tentu merasa kesulitan apabila harus belajar hal-hal baru. Mungkin saja hal ini menjadi kebiasaan bahkan kesalahan wajar untuk mereka. Namun tetap saja Anda harus menghindarinya agar tidak mendapati adanya kerugian.

  • Tanpa perencanaan, hindari trading saham tanpa adanya perencanaan karena hasilnya akan kurang maksimal. Tentukan pembelian saham terlebih dahulu hingga kemungkinan untung dan ruginya. Hal ini menghindari perasaan bingung pada saat bermain saham.
  • Tidak tahu tujuan trading, penting bagi Anda untuk mengetahui motif utama dalam trading saham. Apabila niatnya adalah investasi, maka membeli saham emitan dengan prospek menjanjikan perlu Anda lakukan. Lain halnya jika tujuannya adalah mencari penghasilan, pastikan presentase keuangan sekitar 3 sampai 7%.
  • Berutang, jangan sampai meminjam uang hanya untuk trading saham dengan peluang besar. Mengingat bahwa statusnya tidak memiliki pekerjaan, tentu hal ini menjadi kesalahan besar. Terlebih jika harus memiliki cicilan pokok setiap bulannya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan penghasilan trading saham. Jadi siapapun dapat memulai kegiatan perdagangan saham satu ini. Namun tetap siapkan modal terlebih dahulu dan jangan sembarangan saat melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *