Apakah Anda belum mengetahui bagaimana cara daftar trading saham? Tentu saja sangat penting untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Agar nantinya dapat memulainya dengan mudah. Terlebih sekarang ini proses pendaftaran dapat dilakukan secara online sehingga semakin memudahkan penggunanya.

Bagaimana Cara Daftar Trading Saham?

Apabila Anda mulai tertarik untuk terjun di bidang trading saham, maka ketahui dahulu bagaimana cara mendaftarnya. Sekarang ini pun sudah ada banyak aplikasi trading online sehingga para pemula mendapatkan kemudahan apabila ingin memulainya. Di bawah ini cara selengkapnya:

  1. Buka Rekening Efek

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka rekening efek. Yakni untuk melakukan penjualan maupun pembelian saham. Dengan begitu, bukanlah termasuk sebagai rekening bank biasa pada umumnya sehingga jangan sampai salah mendaftar. Dimana pendaftaran dilakukan?

Untuk membuka rekening efek, maka Anda perlu mendaftarnya terlebih dahulu di perusahaan sekuritas. Indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan terbaik yang bisa membantu pelaku trader pemula mendaftarkannya. Oleh sebab itu, pengguna hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratannya saja.

  1. Setor Dana Awal

Selanjutnya, pastikan Anda melakukan penyetoran saldo awal. Oleh sebab itu, pastikan menyiapkan sejumlah dana sebagai modalnya terlebih dahulu. Pasalnya, proses pendaftaran tersebut tentunya tidak akan dapat trader lakukan jika tidak memilikinya sama sekali. Setorkan dananya saat membuat rekening efek.

Adapun nominal dana awal ataupun modal tersebut umumnya berbeda-beda. Hal ini akan tergantung dengan ketentuan dari pihak sekuritas yang Anda daftarkan. Untuk itu, pastikan mengecek terlebih dahulu berapakah nominal minimumnya agar nantinya lebih mudah dalam menyiapkan uangnya.

  1. Mulai Trading

Jika Anda sudah memiliki rekening efek kemudian saldo juga terisi maka sudah bisa memulai proses trading atau jual beli saham. Terlebih investasi trading sendiri merupakan penanaman modal yang dapat pengguna lakukan secara online. Tentu saja para trader akan semakin mudah dan praktis melakukannya.

Hal ini berarti seseorang sudah tidak perlu lagi datang secara langsung menuju kantor Bursa Efek Indonesia atau BEI. Tentu saja menjadikan proses investasi trading semakin mudah dan praktis. Tidak heran jika sampai saat ini ada banyak orang tertarik melakukannya.

Strategi Bermain Trading Saham Pemula

Apabila Anda tergolong masih sebagai pemula dalam melakukan trading, maka penting juga mempelajari beberapa strategi bermainnya. Hal ini agar nantinya memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut. Agar lebih jelas ketahui selengkapnya di bawah ini:

  1. Pilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Saat Anda ingin melakukan trading, maka penting untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik yang sesuai. Pastikan kehadirannya benar-benar kredibel serta sudah terdaftar secara resmi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain itu, pertimbangkan juga persentase biaya yang dikenakan kepada penggunanya.

Pastikan Anda memilih perusahaan dengan persentase biaya cukup rendang. Misalnya saja nilai biayanya 0,20% dari setiap jumlah pembelian saham nantinya. Tentu saja dapat mengoptimalkan keuntungan yang bisa diperoleh setiap kali membelinya sehingga semakin banyak pemasukan.

  1. Tentukan Indeks dengan Tepat

Saat ingin trading saham maka penting juga bagi para pemula untuk menentukan indeks dengan tepat. Sekarang ini sendiri setidaknya sudah terdapat 22 jenis indeks di Bursa Efek Indonesia. Dengan begitu, apabila ingin memilihnya pastikan memahami terlebih dahulu secara lebih lanjut.

Pastikan Anda mengenali jenis-jenisnya sehingga tidak perlu melakukan trading saham secara terburu-buru. Salah satu caranya adalah dengan melakukan survei secara mendalam mengenai indeks saham tersebut. Dengan begitu, dapat menentukannya secara tepat dan tentunya sesuai.

  1. Buat Rencana Trading

Selanjutnya, Anda sebagai pemula juga perlu membuat planning periode trading. Sekarang ini pun terdapat beberapa cara bisa dilakukan sesuai dengan periodenya masing-masing. Tidak lain yakni dalam jangka panjang dan jangka pendek. Pastikan mengetahui dahulu apa saja kekurangan dan kelebihannya.

Untuk trading dalam jangka pendek sendiri umumnya mempunyai resiko kerugian jauh lebih besar. Akan tetapi, mampu menawarkan keuntungan atau profit jauh lebih cepat Anda peroleh. Berbeda dengan jangka panjang yang peluang profitnya cukup besar terlebih jika perusahaannya memiliki kinerja baik.

Itulah informasi mengenai bagaimana cara daftar trading saham. Tentu saja Anda sebagai pemula perlu memperhatikannya dengan baik. Terlebih aktivitas ini tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Oleh sebab itu, pastikan mempelajari strategi lainnya lebih lanjut sebagai seorang trader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *