Saat ini investasi saham memang dapat Anda lakukan dengan sangat mudah karena bisa melakukannya hanya lewat perangkat mobile saja. Misalnya seperti Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas dan lainnya. Namun apa saja tips trading saham Indonesia online agar profitnya menggiurkan?

Tips Trading Saham Indonesia Online

Namun sebenarnya untuk memperoleh keuntungan dari trading saham ini, tentu tidak bisa Anda lakukan secara sembarangan. Terutama bagi seorang pemula yang masih belum memiliki pengalaman dan ilmu dalam menentukan keputusan penjualan ataupun pembelian. Berikut ini beberapa tipsnya:

  1. Melakukan Riset dan Memilih Sekuritas Terpercaya

Saat Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi saham, maka waktu inilah sebenarnya sudah tahu saat menentukan perusahaan sekuritas. Tentu saja pemilihannya tidak dapat investor lakukan secara sembarangan. Pastikan melakukan riset terlebih dahulu demi menemukan opsi paling terbaik.

Jadi agar bisa mendapat keuntungan, perusahaan sekuritas ini harus Anda pastikan telah terdaftar di OJK. Selain itu juga harus mempunyai track record yang baik dan juga terdaftar di dalam Bursa Efek Indonesia. Namun satu hal pasti adalah memastikan bahwa sekuritas ini sudah mendapat izin OJK.

  1. Menggunakan Aplikasi Trading Saham Terpercaya

Tidak hanya berlaku pada saat menentukan perusahaan sekuritas saja, namun juga perlu dilakukan ketika memilih aplikasi trading saham. Bagi seorang pemula, alangkah lebih baik untuk menggunakan aplikasi investasi berbasis online. Pastikan juga apk tersebut mudah terakses dan user friendly.

Anda perlu memastikan agar aplikasi trading tersebut tersedia pada perangkat mobile dan desktop. Hal ini memungkinkan pengguna bisa menggunakannya secara lebih fleksibel. Selain itu juga harus melihat apk ini menyediakan beberapa layanan transaksi sekaligus seperti saham, reksa dana dan obligasi.

  1. Menyiapkan Dana dari Modal Tidak Terpakai

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi, tentunya hal ini juga memerlukan sebuah modal. Saat investasi, artinya adalah seseorang membeli saham dari perusahaan sehingga menjadi bagian dari pemiliknya. Satuan pembeliannya ialah lot dan satu lotnya sama dengan 100 lembar saham.

Apabila harga satu lembar saham perusahaan A ialah Rp 2 ribu maka apabila modal Anda sebesar Rp 5 juta, artinya akan memperoleh sebanyak 25 lot saham. Namun modal saham sebenarnya dapat disesuaikan sendiri berdasarkan kemampuan sehingga jangan terlalu memaksa untuk membeli banyak

  1. Membuka Rekening Saham

Agar Anda bisa memulai investasi saham, maka memiliki tugas baru yakni melakukan registrasi rekening saham. Nantinya rekening ini akan menjadi tempat untuk menampung modal investasi sekaligus perolehan keuntungannya.

Membuat rekening saham pun sebenarnya sangat mudah. Terlebih jika menggunakan aplikasi trading saat ini yang tersedia berbagai fitur. Bahkan sebagiannya juga menyediakan layanan akses full online. Selama pendaftaran, Anda hanya perlu buka aplikasi, mengisi data diri dan tahap berikutnya.

  1. Memahami Sistem Transaksi Jual Beli Saham

Transaksi jual beli saham memang tidak semudah yang bisa Anda kira. Ada beberapa pertimbangan perlu investor perkirakan agar berinvestasi memperoleh keuntungan kedepannya. Ketika ingin membeli saham, perhatikan dulu tentang fluktuasi mengenai pergerakan IHSG.

Ada berbagai faktor yang mungkin menyebabkan fluktuasi pergerakan IHSG baik internal atau eksternal seperti kinerja, tingkat likuiditas perusahaan, trend pasar hingga penjualan. Sementara jika ingin menjual saham, maka harus mencari waktu terbaik ketika harga sedang berada di posisi tepat.

  1. Menganalisa Pergerakan Saham

Saat sudah menjadi seorang investor, Anda pun harus memahami keadaan pasar secara real time. Jadi tidak hanya untuk membeli saja namun beberapa kali juga harus melakukan penjualan. Mengingat bahwa pergerakan nilai efek saham sebenarnya sangat di luar prediksi.

Maka dari itu, Anda harus rajin-rajin untuk mengecek dan menganalisa pergerakan saham bahkan setiap detiknya. Luangkan sedikit waktu setidaknya 15 hingga 30 menit setiap sesinya. Saat terjadi perubahan tren, segeralah memutuskan membeli atau menjual guna menghindari resiko kerugian.

Itulah tadi beberapa tips dalam trading saham Indonesia online yang bisa Anda ikuti. Mengingat bahwa bagi pemula tentunya terasa cukup sulit apabila harus terjun ke dunia baru dan mulai berinvestasi dengan resiko kerugian relatif tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *