Investasi saham dan reksa dana saat ini sudah menjadi kegiatan yang menarik perhatian bagi banyak orang terutama kalangan anak muda. Hal ini juga menjadi bukti dari perkembangan teknologi sehingga memudah mereka melakukannya. Lantas aplikasi apa saja untuk belajar trading saham gratis?

Apa Itu Trading Saham Gratis?

Saham sendiri merupakan surat yang menjadi bukti jika seseorang mempunyai bagian modal dari sebuah perusahaan. Nantinya mereka juga akan memiliki sebagian hak atas aset perusahaan. Dengan begitu, artinya juga dapat mengklaim kepemilikan.

Pemilik saham mempunyai hak untuk memperoleh dividen sesuai dengan jumlah persentase sahamnya. Perolehan ini biasanya tergantung dengan keuntungan dari perusahaan ini. Bahkan sudah tertera pada kebijakan dan anggaran dasarnya.

Di lain sisi, penerbitan saham menjadi salah satu cara bagi sebuah perusahaan untuk mendapat dana segar atau modal. Tentu saja hal ini berguna bagi mereka dalam mengembangkan bisnis dalam jangka waktu panjang.

Daftar Aplikasi untuk Trading Saham Gratis

Setelah mengenal apa itu trading saham gratis, kini Anda bisa memulai untuk belajar kegiatan tersebut. Hal ini dapat dilakukan lewat aplikasi yang tentunya harus terdaftar di bawah OJK. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

  1. Siminvest

Siminvest ini menjadi aplikasi investasi saham online milik Sinarmas Sekuritas yang sudah terdaftar oleh OJK. Artinya dalam praktiknya, semua kegiatan akan mendapatkan pengawasan dari OJK. Hal ini menunjukkan bahwa legalitasnya pun terjamin sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi.

Siminvest ini berada di bawah naungan PT Sinarmas Sekuritas. Perusahaan ini memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun untuk melayani masyarakat di bidang investasi dan finansial. Tidak hanya terdaftar di OJK saja, bahkan juga sudah memperoleh ISO 27001, standar Internasional perlindungan data.

  1. Stockbit

Tentu saja Anda sudah sering mendengar tentang salah satu aplikasi ini karena memang sering muncul di iklan. Aplikasi saham ini bahkan dianggap bagi kebanyakan orang menjadi rekomendasi yang terbaik. Pengguna pemula bisa mengunduhnya lewat App Store maupun Play Store.

Kelebihan utamanya adalah fitur komunitas online yang bisa menjadi tempat Anda berdiskusi bersama trader lain. Tidak jarang juga, beberapa trader profesional akan memberikan rekomendasi saham sekaligus dengan bagaimana cara menggunakannya serta teknik analisis dan fundamental.

  1. Bibit

Berikutnya ada juga Bibit yang menjadi aplikasi saham milik perusahaan PT Bibit Tumbuh Bersama. Lewat apk ini, Anda bisa membeli saham berupa reksa dana. Tidak hanya itu, tersedia juga opsi lain seperti pasar uang dan juga obligasi sehingga dapat menggunakannya sesuai keinginan.

Bahkan ada juga fitur Robo Advisor yang mampu membantu Anda untuk melakukan investasi berdasarkan profil risiko. Bibit memiliki kelebihan yakni registrasi dapat dilakukan secara online tanpa adanya biaya komisi saat pembelian reksadana.

  1. IPOT

Aplikasi saham berikutnya yang bisa menjadi pilihan adalah IPOT. Apk ini adalah milik perusahaan PT Indo Premier Sekuritas dan tentunya telah mendapatkan izin dan pengawasan dari OJK. Bahkan IPOT juga mampu menjalankan instruksi pembelian ataupun penjualan dengan harga saham tertentu.

Keunggulan dari IPOT adalah tidak adanya minimal deposit yang diperlukan sehingga Anda pun bisa mendapat rekomendasi untuk memulai investasi hanya dengan modal kecil saja. Keunggulan lainnya yakni proses pendaftaran sangat mudah dan lewat media online saja.

  1. BCAS Best Mobile

Terakhir, Anda bisa memilih BCAS Best Mobile yang menjadi sasaran bagi pengguna jika mereka sangat suka bertransaksi di Bursa Efek Indonesia. Aplikasi ini merupakan hasil kembangan dari BCA Sekuritas.

BCAS sendiri menawarkan menu quick order sehingga terasa sangat wajar apabila aplikasi ini menjadi apk bersifat user friendly. Namun sayangnya, dalam penggunaannya harus memerlukan modal lumayan tinggi sekitar Rp 3 juta sehingga menjadi salah satu pertimbangan bagi calon pengguna awal.

Mendengar istilah tentang trading saham gratis memang terdengar menarik. Namun tetap saja, Anda pun harus mempertimbangkan hal ini dengan memilih aplikasi terbaik maupun menyiapkan modal seperlunya. Meski gratis, namun tetap saja akan membutuhkan uang untuk pembelian awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *