Ada beberapa Indikator saham paling akurat yang jarang diketahui oleh para trader terutama trader pemula. Perlu diketahui, sebetulnya indikator saham terbaik dan juga paling akurat.

Sangat tergantung pada strategi investasi dan juga metode trading yang kita gunakan. Misalkan ada indikator paling akurat yang bisa digunakan untuk investasi jangka panjang.

Namun, indikator tersebut tidak bisa dipakai untuk trading jangka pendek atau menengah. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa indikator paling akurat yang mungkin bisa dijadikan pilihan.

Inilah Beberapa Indikator Saham Paling Akurat

Seperti telah dibahas sebelumnya, tidak ada salahnya untuk mengetahui indikator saham terbaik dan paling akurat untuk referensi. Berikut ini beberapa indikator saham terbaik dan paling akurat, di antaranya seperti :

  1. MACD

Pertama ada MACD (Moving Averages Convergence Divergence) yang merupakan salah satu Indikator saham paling akurat. Untuk strategi semi investing dan investasi jangka menengah. Semi investing ialah perpaduan investasi dan trading.

Dengan jangka waktu antara 3 hingga 30 minggu. Itu artinya MACD ini tidak cocok digunakan untuk day trading dan swing trading. Sebab MACD tidak dibuat untuk mendeteksi momentum jangka pendek.

MACD dirancang tidak hanya untuk mengetahui arah market dan arah trend. Tetapi juga untuk mendeteksi adanya pelemahan dan penguatan trend. MACD menggunakan kombinasi 2 buah garis EMA.

  1. Moving Average

Indikator saham paling akurat berikutnya adalah Moving Average. Hasil garis yang diperoleh dari perhitungan hari sebelum hari ini. Moving Average ini untuk menghitung pergerakan rata-rata harga dari suatu saham.

Di dalam suatu rentang waktu tertentu. Terdapat banyak versi yang dipakai sebagai indikator, namun pada dasarnya semua sama. Bedanya hanya pada pola perhitungan rata-rata yang dianggap lebih berbobot.

  1. Support/Resistance level

Di dalam dunia saham, konsep support dan resistance digunakan untuk merujuk tingkat harga tertentu. Support ialah tingkat harga tertentu yang diyakini sebagai titik paling rendah para periode waktu tertentu.

Fungsi support sendiri ialah untuk menjaga supaya harga tidak jatuh jauh melebihi harga terendahnya. Sedangkan resistance kebalikan dari support, yakni area atau tingkat tertinggi pada suatu waktu.

Di dalam trading saham, support dan resistance ini ialah alat bantu analisis untuk melakukan aktivitas jual beli saham. Dalam grafik pergerakan saham, resistance berupa garis horizontal atau garis atas.

  1. RSI (Relative Strength Index)

Indikator saham paling akurat dan terbaik selanjutnya adalah RSI (Relative Strength Index). RSI ini ialah indikator teknis yang di aplikasikan ke dalam analisis keuangan termasuk saham.

RSI berperan sebagai parameter momentum, yaitu untuk mengukur pergerakan harga. Peningkatan momentum berarti saham sedang dibeli secara aktif. Sedangkan penurunan momentum berarti menandakan melemahnya tren saham tersebut.

  1. Volume

Di dalam transaksi saham, volume ialah sebuah indikator yang berfungsi menunjukkan jumlah perdagangan di suatu sesi. Atau menunjukkan jumlah total perpindahan uang, baik yang terjual maupun terbeli.

  1. Stochastic

Indikator saham paling akurat dan terbaik berikutnya adalah Stochastic, yang sekilas mirip indikator RSI dan momentum. Terutama di dalam hal pemberian sinyal oversold, divergensi dan juga overbought.

Hanya saja, Stochastic mampu menunjukkan mekanisme untuk mengaitkan tren jangka pendek dan juga jangka panjang. Dengan cara membandingkan harga penutupan dengan total rentang pergerakan harga di dalam kurun waktu tertentu.

Jika harga stochastic tinggi, itu berarti menandakan harga penutupan mendekati harga terendah pada rentang perdagangan kurun waktu tertentu. Konsep dasar stochastic juga dilihat dari pergerakan harga pasar.

Saat harga pasar meningkat, harga penutupan yang dihasilkan berada di sekitar harga tertinggi rentang perdagangan. Sebaliknya, bila harga pasar menurun, harga berada di sekitar harga terendah.

Jadi bagi Anda yang ingin terjun ke dunia trading saham, kini Anda sudah sedikit mengetahui tentang indikator saham. Anda bisa memilih salah satu Indikator saham paling akurat yang dirasa cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *