Banyak orang mengaku bahwa investasi produk di dalam lingkup pasar modal memang memberikan potensi mendapatkan keuntungan relatif besar. Bahkan mereka tidak perlu membutuhkan modal banyak saat memulainya. Begitupun ketika menggunakan trading saham demo, apa saja manfaatnya?

Mengenal Apa Itu Akun Trading Saham Demo?   

https://images.pexels.com/photos/186464/pexels-photo-186464.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=600

Akun demo sendiri merupakan salah satu fasilitas yang diberi oleh perusahaan broker pada tiap trader. Tujuannya agar trader bisa mencoba melakukan trading dengan menggunakan platform trading yang tersedia tanpa harus takut mengalami berbagai resiko kerugian setiap kali ingin bertransaksi.

Sebenarnya, akun ini bisa Anda katakan sebagai tester. Dengan begitu, para pemula dapat menggunakannya tanpa harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Ini artinya, ketika mengalami kerugian maka sama sekali tidak rugi sama sekali karena uangnya dalam bentuk virtual tidak nyata.

Lewat akun demo ini, Anda bisa melakukan trading secara real time namun memakai yang virtual. Hal ini sangat memudahkan bagi para investor pemula untuk belajar dan berlatih. Mengingat bahwa mereka tentu membutuhkan banyak latihan agar terbiasa saat terjun ke pasar modal dengan akun real.

Manfaat Trading Saham Demo bagi Investor Pemula

Transaksi di pasar berjangka memang memiliki resiko yang cukup tinggi. Hal ini menandakan bahwa Anda harus membutuhkan pengelolaan dengan strategi matang. Sebelum memulainya dengan dana sungguhan maka seorang trader pun sebaiknya perlu belajar sekaligus mengasah kemampuannya.

  • Sebagai Sarana Simulasi Termurah dan Terbaik

Dengan adanya akun demo ini akan membuat para trader merasa terbiasa dengan sistem transaksi di dalam pasar modal. Selain itu juga mereka bisa membiasakan diri untuk menggunakan berbagai fitur pada aplikasi trading. Harapannya agar tidak kesulitan pada saat memulainya di pasar modal real time.

Bahkan beberapa trader memanfaatkan adanya akun demo ini sebagai ajang menguji strategi mereka saat beradu di pasar modal. Tentu saja hal ini dilakukan demi mengurangi resiko kerugian. Trading pada akun demo tentu menjadi cara belajar paling aman karena memakai dana virtual juga.

  • Membentuk Karakter dari Trader

Belajar trading dengan menggunakan akun demo ternyata mampu membentuk karakter yang tentunya diperlukan oleh trader profesional. Lewat cara simulasi ini tentu membuat mereka bisa melatih kedisiplinan dan kesabaran untuk menunggu.

Selain itu juga bisa sekaligus belajar bagaimana cara untuk membuka atau menutup transaksi baik dalam posisi mendapat untung ataupun rugi. Mengingat bahwa apapun yang terjadi di dalam pasar modal ini memang di luar prediksi sehingga Anda pun tidak dapat memprediksinya sekecil apapun.

  • Mengenali Karakteristik dari Instrumen

Melalui akun demo ini, trader pun bisa melatih kemampuan mereka untuk melakukan analisa pasar. Bahkan trader juga dapat mengenal lebih dalam tentang karakter instrumen berjangka. Mengingat bahwa jenisnya pun beragam sehingga mereka harus mengenalinya satu per satu.

Beberapa instrumen ini antara lain emas, forex, minyak mentah hingga indeks saham. Masing-masing jenis tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Artinya, sebagai investor pemula memang harus mengetahu karakteristiknya sehingga dapat memilih sesuai selera dan kebutuhan.

  • Menjadi Bukti Pencapaian Lewat Portofolio

Melalui transaksi yang Anda lakukan lewat akun demo dan ternyata berhasil, nyatanya bisa memanfaatkannya untuk masuk ke dalam portofolio. Tentu saja hal ini menjadi salah satu bentuk positif dari adanya trading saham demo bagi para investor pemula guna meningkatkan kualitas portofolionya.

Portofolio hasil transaksi pada akun demo dengan menerapkan kondisi emosi yang stabil, strategi secara konsisten hingga memahami instrumen pilihan bisa menjadi indikator menuju trader profesional. Ketika Anda benar-benar sudah menerapkannya, jangan rag untuk menggunakan akun trading real.

  • Metode Belajar Mengelola Emosi

Mengingat bahwa tingkat likuiditas yang tinggi, hal ini tidak jarang membuat para trader pun harus mengalamu kerugian. Resiko seperti ini tak dapat mereka hindarkan sehingga sudah menjadi hal wajar di dalam dunia trading.

Jadi pada saat sedang terkena kerugian, diharapkan tidak terpancing emosi. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan akun demo sebaik mungkin sebagai cara untuk mengontrol rasa marah dan kecewa jika harus merugi pada satu waktu.

Bagi seorang trader pemula, penting bagi mereka untuk bisa memanfaatkan trading saham demo sebaik mungkin. Mengingat bahwa dari fitur ini, dapat menjadikannya sebagai ajang belajar dan berlatih menggunakan akun real.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *