Cara Sukses Trading Saham Harian untuk Pemula

Trading harian adalah kegiatan jual beli saham instrumen keuangan di dalam hari yang sama bahkan beberapa kali transaksi dalam satu hari. Apabila Anda memainkannya dengan benar, keuntungannya pun juga cukup berpeluang sangat besar. Apa saja cara sukses trading saham harian?

Cara Sukses Trading Saham Harian

Tentu bagi seorang pemula cara sukses trading pun memang terasa cukup sulit. Saat ini pun beberapa broker juga telah dirancang untuk trading harian. Dengan begitu, trader juga perlu fokus, rajib, objektif dan menjauhkan perasaan emosi ketika mengalami kerugian saat sedang transaksi.

  1. Menambah Pengetahuan

Trader harian wajib untuk mengikuti berita dan peristiwa pergerakan pasar saham terbaru yang mempengaruhi saham seperti hanya rencana suku bunga Fed dan prospek ekonomi. Jadi Anda pun hanya perlu melakukan pekerjaan rumah sekaligus trading saham pada suatu aplikasi dengan mudah.

Dengan menambah pengetahuan seperti ini, Anda akan memiliki banyak informasi mengenai perusahaan dan pasar modal secara umum. Sebagai trader pun juga harus rutin untuk mengamati berita bisnis dan mengunjungi situs web finansial secara rajin agar mengikuti perkembangan harga.

  1. Menyisihkan Dana

Menilai berapa jumlah modal yang perlu Anda sediakan untuk mengambil resiko pada setiap trading juga tidak kalah pentingnya. Tak sedikit trader harian pun sukses untuk mengurangi resiko kurang dari 1 persen sampai 2 persen dari akun mereka setiap kali melakukan trading.

Apabila Anda mempunyai dana sebesar Rp 4 juta dan bersedia mengambil resiko sebesar 0,5 persen dari modal, maka kerugian maksimal per transaksi adalah Rp 20 ribu. Sisihkan jumlah dana surplus yang bisa diperdagagangkan dan siap apabila mengalami kerugian cukup besar.

  1. Menyisihkan Waktu

Tidak hanya menyisihkan dana saja, Anda juga harus mempersiapkan sejumlah waktu setiap harinya untuk melakukan trading setiap harinya. Tentu tidak semudah seperti apa yang Anda pikirkan. Hal ini mengapa disebut sebagai trading harian karena harus melakukannya setiap hari.

Pada kenyataannya, Anda harus menyerahkan sebagian besar hari Anda untuk melakukan trading. Jangan mempertimbangkan apabila memiliki waktu terbatas karena hanya akan terasa kurang maksimal. Proses seperti ini memerlukan trader dalam melacak pasar dan juga spot opportunities.

  1. Wajib Melakukan Analisa

Trading memang bisa mendapatkan keuntungan dalam jumlah  banyak meski hanya memerlukan waktu singkat saja. Namun, untuk mencapai tujuan trading seperti ini, tentu Anda tidak dapat secara sembarangan menyetorkan dana maupun ketika harus memilih saham.

Anda pun wajib melakukan analisa pasar terlebih dahulu mulai dari melihat saham yang  berpotensi cukup menguntungkan sampai kapan waktu terbaik untuk membeli dan menjual saham. Apabila tidak dapat melakukan analisa saham secara tepat, maka jangan heran jika harus mengalami kerugian.

  1. Memiliki Waktu Singkat dan Terbatas

Walau trading adalah bagian dalam investasi namun sebenarnya keduanya mempunyai cara kerja berbeda. Apabila investasi, seseorang pun bisa menyetorkan dananya pada hari ini maka hasil keuntungan bisa Anda dapatkan dalam jangka menengah hingga panjang mulai dari 5 tahun.

Sedangkan hasil trading bisa Anda dapatkan pada waktu singkat yakni harian saja. Contohnya adalah, pada saat menyetor uang ke platform trading di pagi hari, kemudian membeli saham yang memberi potensi keuangan. Setelah harga berada pada titik tertinggi, cobalah langsung menjualnya.

  1. Menggunakan Prinsip Buy and Sell

Apabila investasi saham lalu memutuskan untuk membeli di hari ini, Anda pun tidak bisa menjualnya di hari sama. Hal ini karena profit saham baru akan terlihat di jangka waktu cukup lama misalnya beberapa bulan hingga 1 tahun berikutnya.

Cukup berbeda dengan trading, para trader pun juga menerapkam prinsip buy and sell. Ini artinya, Anda bisa melakukan pembelian di waktu harga murah lalu dapat menjualnya di hari sama apabila harga telah tinggi.

Ada beberapa cara sukses trading saham harian yang bisa Anda ikuti sebagai trader pemula. Hal ini memang menjadi preferensi dan kebutuhan sendiri bagi seseorang untuk menentukan waktu transaksi mereka.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *