Harga saham Bank Mega merupakan patokan biaya bagi investor jika ingin membeli surat kepemilikan perusahaan PT Bank Mega Tbk. Sebagai investor Anda dapat membeli saham perusahaan tersebut di pasar modal dengan kode emiten MEGA.

Seperti yang Anda ketahui bahwa saham merupakan surat bukti kepemilikan suatu perusahaan oleh investor. Surat ini biasa diperdagangkan pada pasar modal atau biasa disebut dengan nama Bursa Efek Indonesia (BEI).

Namun sebagai investor sebelum membeli barang pada pasar modal diperlukan beberapa analisis terlebih dahulu supaya hasil investasi Anda menguntungkan. Jika asal pilih tanpa melakukan analisis biasanya bukan mendapatkan keuntungan melainkan hanya kerugian.

Profil Perusahaan yang Harus Diketahui

Sebelum mengetahui harga saham Bank Mega untuk membeli sahamnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana profil dari perusahaan tersebut. Hal ini merupakan dasar dari analisis fundamental untuk mengetahui perusahaan apa yang akan dibeli.

Perusahaan ini bergerak di bidang perbankan yang pertama kali berdiri pada tahun 1969, secara konservatif dijalankan oleh beberapa tim berpengalaman di Surabaya. Perusahaan berubah nama menjadi PT Mega Bank pada tahun 1992.

Perusahaan melakukan IPO (Innitial Public Offering) atau penawaran saham perdana pada publik di tahun 200 dengan melepaskan 112.500 juta lembar sebagai bentuk penawaran perdananya kepada investor Indonesia.

Analisis Fundamental Beserta Harga Saham Bank Mega

Analisis fundamental merupakan langkah dasar bagi investor sebelum berinvestasi di pasar modal. Hal ini dilakukan sebagai pencegah hal yang tidak diinginkan sehingga investasi yang dihasilkan menguntungkan bukan malah makin merugikan investornya.

  1. Net Profit Margin

Jika Anda ingin melakukan analisis fundamental terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan. Langkah pertama adalah memperhatikan profil perusahaan yang akan dibeli, selanjutnya perhatikanlah net profit margin dari perusahaan tersebut.

Net Profit Margin merupakan sebuah rasio yang biasa digunakan oleh investor untuk membandingkan keuntungan total dengan keseluruhan uang yang dimiliki perusahaan tersebut. Berfungsi untuk mengetahui kestabilitasan keuangan perusahaan.

Net Profit Margin yang selalu positif tiap tahunnya mempengaruhi harga saham Bank Mega sehingga akan selalu naik. Dilihat dari kenaikan berturut-turut pada 5 tahun kebelakang menyebabkan emiten ini cocok untuk Anda beli.

  1. Earning Per Share

Selain Net Profit Margin, pada analisis fundamental Anda juga harus memperhatikan Earning Per Share suatu emiten yang akan dibeli. Hal ini merupakan salah satu indikator dalam analisis fundamental sehingga menjadi acuan banyak investor sebelum membeli.

Earning per share merupakan perbandingan dari jumlah laba bersih suatu perusahaan selama setahun dibagi dengan jumlah saham beredar di publik. Laba bersih ini mencerminkan bagian jumlah keuntungan yang didapatkan untuk tiap peMegang 1 lembarnya.

Harga saham Bank Mega umumnya dipengaruhi dengan Earning Per Share perusahaannya juga. Dengan earning per share tinggi akan menarik minat investor untuk membelinya sehingga harga per lembarnya akan naik secara signifikan.

  1. Rasio Perhutangan

Salah satu hal yang cukup menjadi perhatian investor adalah rasio perhutangan dari emiten tersebut. Perusahaan dengan rasio hutang cukup besar biasanya menandakan bahwa akan segera bangkrut sehingga kurang begitu disarankan untuk investasi disana.

Rasio perhutangan perusahaan ini dapat dibilang cukup bagus. Dilihat dari data 5 tahun kebelakang masih memiliki rasio perhutangan di ambang batas wajar yaitu 5,92% yang berarti masih dapat dilunasi dengan jumlah uang total perusahaan.

Perusahaan dengan hutang cukup banyak biasanya dihindari oleh investor karena biasanya nilai dari saham yang dimiliki oleh emiten tersebut akan menurun drastis. Bahkan mendapatkan risiko emiten tersebut delisting dari BEI.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi pada emiten ini, perhatikan terlebih dahulu beberapa analisis fundamentalnya. Jika ingin membelinya Anda dapat membeli dengan harga saham Bank Mega sebesar Rp 5250 per lembarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *