Saat ini investasi bagi banyak orang memang sedang meningkat terutama bagi usia muda. Tak heran jika tidak sedikit dari mereka akhirnya memilih perusahaan sekuritas dari berbagai macam. Misalnya saja trading saham BBRI lantaran dipercaya cocok bagi investor dari kaum milenial.

Mengenal Trading Saham BBRI

Investasi saham BBRI adalah upaya bagi seorang pemodal guna memperoleh keuntungan dari dividen saham dan capital gain. Melalui pembelian saham dari suatu perusahaan, sudah secara langsung memiliki bagian dari seluruh hak milik emiten BRI tersebut.

Saham dengan kode BBRI adalah surat berharga sebagai bukti seseorang telah memiliki bagian modal dari sebuah perusahaan. Tepatnya adalah PT Bank Rakyat Indonesia. Saham BBRI telah masuk ke dalam daftar indeks LQ45 yang terkenal akan kinerja stabil.

Bank kebanggaan milik Indonesia ini juga mempunyai kapitalisasi pasar mencapai Rp 640 triliun. Tentu sangat wajar apabila banyak investor tertarik untuk menanam modal di perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk tersebut. Saat ini tingkat saham per Juni 2022 berkisar antara Rp 4.360 per lembar.

Investasi Trading Saham BBRI untuk Pemula

Setelah Anda mempelajari berbagai hal mengenai investasi pada trading saham BBRI ini, ada beberapa pertanyaan yang muncul terutama tentang bagaimana cara pembeliannya. Terutama jika mereka tertarik akibat telah mengetahui resiko pada instrumen saham dan memilih saham blue chip.

Memang benar tujuan finansial seperti pernikahan, uang kuliah hingga hari tua menjadi satu hal yang mereka pelajari. Jadi besar harapannya bagi generasi milenial tetap mencapai target keuangannya daripada harus menghambur-hamburkan keinginan mereka pada hal-hal kurang positif.

Apabila melihat dari grafik historis di Bulan Mei 2020 lalu, harga saham BBRI pada 1 lot atau 100 lembar sahamnya hanya memerlukan modal Rp 220 ribu saja. Bayangkan jika Anda mampu investasi sebesar 1 lot saja seharga Rp 220 ribu, sampai sekarang mungkin mengantongi keuntungan Rp 400 ribu lebih.

Manfaat Saham BBRI untuk Investor Pemula

cukup banyak orang yang merekomendasikan saham BBRI ini bagi investor pemula. Bukan tanpa alasan, pasalnya mereka telah merasakan berbagai jenis keuntungan ke depannya. Hal ini pun juga terjadi dalam jangka waktu panjang. Maka dari itu, pertimbangkan hal-hal di bawah ini:

  1. Memiliki Market Cap Besar

Adanya kapitalisasi besar menjadi salah satu kunci utama bagi trader. Banyak dari mereka cenderung memilih untuk bertransaksi dalam jangka pendek. Hal ini karena trader memang tidak ingin saham dari perusahaan besar namun labanya stabil sehingga harus meningkat terus menerus.

Banyak juga dari trader yang merasa kurang tertarik pada istilah saham gorengan karena memberi resiko kerugian lumayan besar. Pergerakannya pun juga lumayan beresiko meski keuntungannya terbilang relatif berpeluang tinggi. Lain halnya pada kapitalisasi besar karena terbilang relatif stabil.

  1. Telah Lama Aktif dalam Bursa Efek

Walau periode aktif saham memang terbilang lama namun tidak serta merta membuat saham tersebut dianggap sebagai blue chip. Ketika suatu emiten sudah mendapat listing lama di bursa efek saham, biasanya emiten ini cenderung meningkat labanya dan bisnis ikut berkembang.

Bahkan kenaikan laba tersebut terbilang sangat signifikan. Begitupun yang terjadi pada saham milik Bank Rakyat Indonesia ini. Mengingat bahwa BBRI sudah lama aktif di Bursa Efek Indonesia sehingga menjadi incaran bagi banyak investor. Maka dari itu, jangan pernah ragu memasang pada emiten BBRI.

  1. Sering Jadi Pilihan bagi Investor atau Trader

Seringkali menjadi pertanyaan mengapa banyak orang memilih untuk berinvestasi saham BRI. Mengingat saham tersebut relatif cair sehingga banyak juga investor hingga trader tertarik bertransaksi pada kode BBRI. Saham BBRI pun juga masuk ke dalam LQ45 yang menjadi indeks saham lebih likuid.

Selain itu saham BRI juga berarti Anda telah menanamkan modal pada perusahaan market leader. Indikator ini mungkin akan memudahkan Anda untuk memilih blue chip ataupun tidak, misalnya saja ANTM atau UNVR karena keduanya sama-sama sebagai market leader.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa orang-orang memilih trading saham BBRI. Tentu hal ini menjadi pertimbangan bagi Anda jika ingin menjadikan BBRI sebagai salah satu opsi untuk berinvestasi khususnya kalangan anak muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *