Seiring berkembangnya teknologi informasi dan digital, kegiatan trading saham online kini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi. Hanya dengan menginstal aplikasinya pada perangkat smartphone, siapapun bisa melakukan trading.

Trading saham memang merupakan salah satu pilihan instrumen investasi populer saat ini. Meskipun tingkat risikonya terbilang besar dibanding instrumen lain, namun peluang imbal hasil yang diberikan juga terhitung sama besarnya.

Apalagi dengan adanya berbagai aplikasi serta situs trading online, terjun ke dunia pasar modal kini lebih praktis. Mulai dari registrasi, analisis, pembelian, penjualan, hingga penarikan bisa dilakukan dengan sekali klik.

Tips Memilih Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terpercaya untuk Pemula

Jika Anda adalah seorang investor pemula, Anda perlu lebih selektif memilih aplikasi trading saham terbaik dan terpercaya. Berikut ini beberapa tips memilih app terbaik yang cocok untuk investor pemula:

  1. Cek di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk memastikan kelegalan serta keamanannya.
  2. Pilih app sekuritas dengan setoran deposit awal rendah sesuai kebutuhan dan profil keuangan Anda.
  3. Pilih yang memiliki biaya komisi untuk fee jual maupun fee beli yang rendah sesuai kebutuhan atau kemampuan.
  4. Perhatikan fitur yang dimiliki, sebaiknya pilihlah app dengan fitur otomatis yang dapat membantu pemula bertransaksi dengan mudah.
  5. Sebaiknya, pilihlah aplikasi dengan user interface yang sederhana dan mudah dipahami.

Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terdaftar OJK untuk Pemula

Berdasarkan tips memilih aplikasi jual beli saham terbaik untuk pemula tersebut, saatnya memilih app mana yang paling sesuai untuk Anda. Sebagai referensi, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi aplikasi berikut ini.

  1. Ajaib

Jika Anda adalah seorang investor pemula dengan modal minim, Ajaib adalah opsi paling tepat. Aplikasi trading saham online ini memungkinkan penggunanya memulai investasi dengan sedikit modal, mulai dari Rp0 saja.

Anda juga bisa mendapatkan panduan serta rekomendasi produk yang terkustomisasi sesuai kondisi keuangan dan profil pengguna. Tidak hanya itu, Ajaib juga dapat memberi notifikasi waktu jual beli saham paling tepat.

  1. Bibit

Hampir setiap investor pemula tentu pernah mendengar aplikasi satu ini, khususnya kalangan anak muda. Dibanding app lain, Bibit memang menyediakan beragam fitur transaksi otomatis yang mudah dipahami para investor baru.

Selain itu, penggunanya bisa memulai transaksi hanya dengan budget setoran awal sebesar Rp10.000 saja. Proses registrasinya pun mudah dan tidak memakan waktu lama dengan tampilan sederhana yang sangat mudah dipahami.

  1. Bareksa

Selain banyak digunakan oleh para pengusaha pasar modal, trading saham online Bareksa juga praktis sehingga cocok digunakan pemula. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 150 produk reksadana, 50 manajer investasi, serta fitur Robo Advisor.

App ini merupakan marketplace finansial serta investasi terintegrasi pertama di Indonesia. Bareksa juga telah didukung oleh berbagai metode pembayaran terkini yang praktis melalui e-wallet serta transfer bank.

  1. Stockbit

Stockbit bermula dari komunitas atau forum social trading bagi investor untuk bertukar informasi. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat ramah pemula sebab terdapat akun khusus untuk penggunanya belajar terkait saham.

Stockbit juga menyediakan forum diskusi online untuk penggunanya saling berkomunikasi. Adanya komunitas online tersebut memungkinkan para trader pemula memperoleh rekomendasi teknikal maupun fundamental dari para trader profesional.

  1. Bions Mobile BNI Sekuritas

Terakhir, ada Bions Mobile dari Bank BNI yang sudah terjamin keamanan serta legalitasnya. Untuk bisa mulai berinvestasi di sini, Anda wajib registrasi dan memiliki minimal satu rekening pada bank apapun.

Keunggulan Bions Mobile adalah adanya akun trial yang memungkinkan Anda berinvestasi tanpa perlu deposit. Selain itu, terdapat beragam fitur otomatis lain yang dapat memudahkan pemula.

Kelima aplikasi di atas telah terjamin legalitasnya dan telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jika tertarik melakukan trading saham online, kelima rekomendasi tersebut layak dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *