Bursa saham Amerika merupakan pasar terbaik bagi para investor untuk melebarkan sayap. Berinvestasi di luar negeri sendiri dinilai dapat mendatangkan banyak keuntungan hingga manfaat yang jarang didapatkan di pasar domestik.

Jika sudah terjun di pasar domestik, tidak ada salahnya segera mencoba berinvestasi di pasar luar negeri seperti Amerika. Dengan berinvestasi di luar negeri, investor berkesempatan untuk mendapatkan berbagai keuntungan berikut.

Keuntungan atau Alasan Mengapa Berinvestasi di Bursa Saham Amerika akan Mendatangkan Banyak Manfaat

Banyak investor mulai mencoba untuk berinvestasi di pasar luar negeri. Sebagai seorang investor, Anda juga harus mengetahui potensi dari instrumen luar negeri dan keuntungan yang akan didapatkan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Potensi Pasar Lebih Besar

Pasar luar negeri memiliki potensi sangat besar untuk ditekuni. Sebagai investor, Anda bisa menjadi seorang pemilik saham perusahaan global hanya dengan berinvestasi di pasar internasional.

Beberapa perusahaan dengan potensi besar dan mampu memberikan return yang menggiurkan yaitu McDonald, Starbucks, hingga Nike. Dengan memasuki bursa saham Amerika, investor bisa menjadi pemilik dari perusahaan besar tersebut.

  1. Diversifikasi Portofolio

Membeli instrumen pada pasar global akan membantu Anda berkesempatan melakukan diversifikasi portofolio. Anda bisa menganalisis bagaimana melakukan weighting atau bobol dalam membangun portofolio dalam berinvestasi.

Kemudian, Anda juga bisa memilih instrumen apa dan di negara mana yang memiliki porsi besar. Dengan diversifikasi portofolio, Anda bisa mengembangkan kemampuan berinvestasi agar semakin baik dan menghasilkan return setimpal.

  1. Pilihan Produk yang Beragam

Bursa internasional umumnya mampu menawarkan banyak varian produk. Tidak hanya instrumen saham, Anda juga bisa menemukan instrumen atau produk investasi lainnya seperti ETF, indeks, bond, hingga derivatif.

Variasi instrumen yang bisa didapatkan dengan terjun dan memasuki bursa saham Amerika akan memberikan Anda beberapa keuntungan. Pertama, tentu saja Anda berkesempatan memilih banyak produk sesuai kebutuhan.

Kedua, Anda bisa melakukan diversifikasi secara lebih optimal. Hal tersebut dikarenakan, Anda bisa membangun portofolio dengan lebih apabila memiliki beragam jenis instrumen yang bisa dipilih.

  1. Bisa Membeli Saham Berjumlah 1 Lembar

Salah satu bursa efek di Amerika yaitu New York Stock Exchange (NYSE) memberikan kesempatan kepada para investor untuk membeli saham berjumlah 1 lembar. Hal tersebut tentu berbanding jauh dengan Indonesia.

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa minimum pembelian saham yang bisa dilakukan di Indonesia adalah 100 lembar. Sistem pembelian instrumen pada pasar global tersebut akan membantu investor dengan modal terbatas.

  1. Hedging Valas

Berinvestasi di bursa saham Amerika secara tidak langsung akan membantu Anda melakukan hedging terhadap aset dalam US$. Hal tersebut tentunya akan membantu para investor menghadapi fluktuasi nilai tukar.

Cara ini bisa membantu investor untuk mengurangi tingkat kerugian. Sebagai contoh, Anda membeli saham luar negeri, kemudian pada suatu saat nilai instrumen tersebut lebih rendah dibandingkan pasar Bursa Efek Indonesia.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena daya beli mata uang US$ lebih kuat, maka nett return tetap lebih baik di Amerika Serikat. Dengan begitu, kerugian Anda dapat diminimalisir sebaik mungkin.

  1. Good Governance

Memasuki bursa saham Amerika, Anda akan menemukan sistem pemerintahan yang baik. Pasar saham Amerika Serikat sendiri memiliki porsi 50% lebih dari total pasar instrumen saham secara global.

Besarnya transaksi pasar yang diikuti tingginya likuiditas tersebut membuat potensi adanya saham gorengan menjadi lebih kecil. Selain itu, lamanya operasi bursa membuat regulasi dan penegakan hukum sudah terinstitusi dengan baik.

Oleh sebab itu, karena membutuhkan dana yang sangat besar untuk memanipulasi harga saham pada pasar global serta tegaknya regulasi hukum di Amerika, maka munculnya saham gorengan bisa diminimalisir.

Beberapa keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di pasar internasional. Mencoba memasuki bursa saham Amerika tidak hanya akan membawa keuntungan, melainkan juga manfaat besar bagi karir Anda sebagai investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *