Saat ini investasi sudah menjadi kegiatan yang umum pada masyarakat. Hak ini karena perputaran dana selalu bergerak hingga memungkinkan para investor akhirnya mendapat keuntungan baik jangka pendek maupun panjang. Begitupun mereka pun akhirnya tertarik pada trading saham IDX.

Pengertian Bursa Efek

Secara garis besar, bursa efek sendiri adalah pasar yang memiliki kegiatan bidang jual beli efek. Dalam definisinya, bursa adalah tempat menjual dan membeli efek. Menurut Undang Undang Nomor 8 Tahun 1996, mengenai pasar modal merupakan barang dalam bentuk surat berharga, saham dan obligasi.

Layaknya pada pasar umumnya, bursa menjadi tempat untuk melakukan transaksi efek dalam bentuk pembelian, pertukaran, penjualan atau bahkan percetakan saham secara publik. Dengan adanya bursa efek ini, pelaku basar baik penjual atau pembeli bisa dengan aman selama bertransaksi.

Melalui bursa efek ini, mereka juga akan lebih mendapatkan rasa aman selama bertransaksi. Selain itu juga memiliki keyakinan resiko operasional yang rendah. Perlu Anda tahu juga bahwa Indonesia mempunyai tempat jual beli efek yakni Indonesian Stock Exchange atau Bursa Efek Indonesia.

Cara Kerja Bursa Efek

Seperti penjelasan sebelumnya, bursa efek merupakan kumpulan saham perusahaan yang nantinya bisa diperjualbelikan oleh para investor. Namun perusahaan di dalam bursa efek tersebut hanya beberapa saja go public. Artinya semua tindakan dari PT atau CV tersebut dapat diakses orang umum.

Pada semua proses jual belinya, bursa efek akan memberikan fasilitas pada saat perusahaan memilih untuk mendarat ke pasar modal. Namun guna mencapai tujuan ini, tentunya mereka harus mengikuti syarat dan ketentuan sesuai dengan kebijakan dari Bursa Efek Indonesia.

Secara prinsip sendiri, perusahaan yang berpotensi untuk menjadi perusahaan besar lebih mudah terdaftar saat melakukan registrasi ke dalam Bursa Efek. Kegiatan di dalamnya bahkan mampu membantu mereka guna menambah modal sehingga menjual sebagian sahamnya ke masyarakat.

Peran Bursa Efek Indonesia atau Indonesian Stock Exchange

Adapun tugas utama dari Bursa Efek Indonesia adalah sebagai berikut: memberikan fasilitas perdagangan efek sekaligus surat berharga yang efisien dan teratur, menyediakan layanan serta mendukung sekaligus mengawasi semua aktivitas di dalam efek. Berikut peran BEI di pasar moda:

  1. Sebagai Fasilitator

Peran utama dari Bursa Efek Indonesia adalah memberikan fasilitas yang memadai bagi berlangsungnya segala transaksi di pasar modal. Mereka berharap bahwa penjualan dan pembelian oleh perusahaan dan investor berjalan aman, efisien dan teratur sesuai dengan kebijakannya.

Beberapa peran sebagai fasilitator ini antara lain menyediakan wadah untuk jual beli efek, mencatat segala instrumen efek, menyusun peraturan tentang kegiatan transaksi di bursa efek, memproses likuiditas instrumen dan juga membuat informasi bursa agar terlihat transparan.

  1. Sebagai Pengawas

Tidak hanya berperan sebagai fasilitator saja, namun Bursa Efek Indonesia juga memiliki peran utama sebagai pengawas. Artinya badan ini mempunyai kuasa penuh untuk memberikan segala bentuk pengawasan dari berjalannya semua transaksi yang berhubungan dengan pasar modal di Indonesia.

Sebagai pengawas, Bursa Efek Indonesia pun akan memantau semua kegiatan efek, mencegah terjadinya penipuan atau kecurangan harga, mencabut atas hak efek apabila terjadi pelanggaran serta menghentikan perdagangan ketika menjumpai adanya pelanggaran.

Pasar Saham di dalam Bursa Efek Indonesia

Ada beberapa jenis pasar saham yang ada di Bursa Efek Indonesia. Pertama adalah pasar reguler, merupakan pasar dengan proses perdagangan sesuai dengan proses tawar menawar lewat pelelangan dan berkesinambungan lewat JATS.

Kedua adalah pasar negosiasi yang sebenarnya hampir sama seperti pasar reguler. Akan tetapi proses tawar menawarnya dilakukan secara langsung bukan lewat jalur pelelangan sehingga semua penyelesaiannya adalah individual.

Terakhir ada juga pasar tunai yang sangat mirip seperti pasar reguler. Bahkan memiliki nama lain berupa pasar reguler tunai. Prosesnya yakni melakukan negosiasi lewat lelang secara berkesinambungan.

Itulah tadi penjelasan sedikit mengenai pengertian, cara kerja dan peran dari trading saham IDX atau Indonesian Stock Exchange. Selain itu di dalam bursa efek Indonesia pun terdiri dari beberapa pasar untuk memberikan kemudahan dan fasilitas kepada para investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *