Untuk mempelajari dunia saham secara menyeluruh, salah satu cara terbaik adalah dengan membaca panduan dari buku investasi saham. Karena telah memuat informasi rinci dari para ahlinya, pembahasannya terjamin lebih komprehensif.

Selain itu, setiap penulis panduan berinvestasi umumnya adalah para profesional yang berpengalaman di bidang investasi saham atau stock trading. Namun, tidak semua buku panduan trading sesuai untuk profil investor tertentu.

Sebab ada banyak bacaan dengan topik pembahasan berbeda-beda sesuai target pembaca dari investor pemula, menengah, hingga profesional. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui rekomendasi buku trading terbaik serta tips memilihnya.

Rekomendasi Buku Investasi Saham Terbaik untuk Investor

Setiap investor dengan level pengalaman tertentu mulai dari pemula hingga profesional memiliki profil serta tingkat pengetahuan berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku tentang investasi saham terbaik untuk setiap tipe investor.

  1. Invested (12 Bulan Menuju Financial Freedom) – Ditulis oleh Danielle Town

Pertama, ada Invested dari Danielle Town yang ditulis khusus untuk target investor pemula. Secara garis besar, bacaan ini berisi panduan belajar investasi dengan menggunakan teknik dasar atau teknik analisis fundamental.

Oleh karena itu, pembaca tidak akan menemukan istilah-istilah sulit nan rumit yang sulit dipahami di buku investasi saham ini. Menariknya, model pembahasannya disusun melalui cerita layaknya novel sehingga tidak membosankan untuk dibaca, khususnya bagi pemula.

  1. Yuk Belajar Nabung Saham – Ditulis oleh Ryan Filbert Wijaya

Yuk Belajar Nabung Saham ini merupakan salah satu National Best Seller di Indonesia. penulisnya, Ryan Filbert Wijaya menyusun bukunya dengan tujuan mengajak masyarakat Indonesia mengenal lebih dalam terkait investasi saham.

Sesuai target pembacanya yaitu investor pemula, isi bukunya memang cukup ringan dan mudah dicerna. Harganya pun cukup terjangkau bagi setiap kalangan, sehingga merupakan salah satu rekomendasi bacaan terbaik bagi pemula.

  1. How to Make Money in Stocks (Senjata Ampuh dalam Segala Kondisi) – Ditulis oleh William J. O’Neil

Selanjutnya adalah rekomendasi buku investasi saham terbaik untuk level menengah hingga profesional. William J. O’Neil sebagai penulisnya dikenal sebagai salah seorang trader sukses yang sudah berpengalaman lebih dari 25 tahun.

Di bacaan ini, terdapat tips menganalisis saham mulai dari cara sederhana hingga kompleks. Sehingga bacaan ini sesuai untuk Anda yang ingin memulai mengaplikasikan sistem trading untuk profit konsisten jangka panjang.

  1. Bandarmology (Membeli Saham Gaya Bandar Bursa) – Ditulis oleh Ryan Filbert Wijaya

Selain terbitan best seller pertamanya, Ryan Filbert Wijaya juga menulis panduan lainnya untuk investor level menengah-profesional. Di Bandarmology ini, ia secara spesifik menulis tentang pergerakan bandar di dunia bursa saham.

Kebanyakan orang menghindari bursa saham karena pergerakan harganya dipengaruhi bandar. Namun sebaliknya, Bandarmologi mengajak para pembaca untuk tidak menghindarinya dan justru belajar bagaimana cara untuk mengambil profit dari bursa saham.

Tips Memilih Buku Investasi Saham Terbaik untuk Investor Pemula dan Profesional

Bagi pembaca awam, semua buku panduan berinvestasi mungkin terlihat sama saja, padahal terdapat perbedaan dari isi maupun metode pembahasannya. Berikut adalah cara memilih bacaan yang sesuai untuk investor sesuai pengalamannya.

  1. Bagi level pemula, pilihlah buku berisi pembahasan mendasar yang mudah dipahami

Jika Anda adalah seorang investor pemula, hindari mempersulit diri dengan memilih bacaan kompleks tingkat lanjut. Sebaiknya, pilihlah bacaan tentang hal-hal dasar seperti pengetahuan umum serta cara menganalisis saham terlebih dahulu.

  1. Bagi level menengah-profesional, pilihlah buku dengan pembahasan lebih kompleks

Bagi level menengah-profesional, pilihlah bacaan dengan pembahasan lebih kompleks dan spesifik sesuai bidang yang ingin dikuasai. Misalnya seperti panduan diversifikasi aset, strategi melakukan analisis teknikal, hingga informasi stock trading asing.

Setiap buku umumnya memiliki pokok bahasan tertentu sesuai target edukasi yang ingin disampaikan pada para trader selaku pembacanya. Oleh karena itu, pilihlah buku investasi saham terbaik sesuai profil serta pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *