Robot trading saham adalah sistem perdagangan otomatis yang menggunakan bantuan komputer. Robot tersebut dapat melakukan entry maupun exit sesuai aturan yang telah ditentukan.

Sistem kerjanya memanfaatkan algoritma matematika sehingga diharapkan dapat membantu trader memperoleh keuntungan. Semua aktivitas dilakukan oleh robot sehingga akan mengurangi intervensi langsung oleh manusia.

Pada prakteknya tetap melibatkan peran investor atau trader. Anda harus memasukkan berbagai parameter sesuai strategi yang dipilih agar robot dapat beroperasi dan mengeluarkan sinyal.

Kelebihan Memakai Robot Trading Saham

Banyak kelebihan yang akan dirasakan jika memanfaatkan robot saat melakukan trading. Contohnya tidak memiliki emosi sehingga hasilnya menjadi lebih baik. Hal ini karena bisa lebih rasional dalam mengambil keputusan.

Hal ini karena telah didesain 100% rasional dan software di dalamnya tidak mempunyai emosi. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak akan pernah mengalami stres akibat gangguan psikologis.

Semua aktivitas berjalan sesuai aturan trading yang berlaku. Strategi yang dijalankan sesuai dengan rencana sehingga selama trading berlangsung akan patuh dan bersikap disiplin.

Bagi trader, waktu adalah sesuatu yang berharga. Hal ini karena jika Anda telat melakukan tindakan meskipun hanya satu sedetik saja, akan berpengaruh terhadap hasil secara signifikan.

Namun, dengan adanya robot maka bisa melakukan order entry secara cepat. Hal ini dikarenakan memiliki kemampuan menerima informasi dengan cepat sehingga bisa langsung menjalankan strategi berdasarkan aturan yang dibuat.

Robot trading saham dapat bekerja 24 jam dalam sehari tanpa membutuhkan istirahat. Trading dapat dilakukan kapan saja sehingga memiliki peluang besar untuk menghasilkan keuntungan.

Berbeda jika dijalankan oleh manusia yang memerlukan istirahat sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja selama 24 jam. Hal ini menyebabkan Anda bisa kehilangan berbagai kesempatan yang bersifat penting.

Trading manual juga membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Hal ini dikarenakan Anda harus menyediakan waktu untuk memantau pasar. Namun, jika memilih cara otomatis, maka semua aktivitas tersebut dilakukan oleh software.

Nantinya software akan memberikan sinyal pada waktu yang tepat untuk melakukan transaksi penjualan maupun pembelian. Dengan demikian, akan menghemat waktu karena Anda tidak perlu memilih semua saham secara manual.

Cara Kerja Robot Trading Saham

Setelah Anda mengetahui berbagai kelebihan di atas, maka kini saatnya mempelajari cara kerjanya sebagai bekal untuk menggunakan software. Software akan diberikan instruksi agar dapat mengambil sebuah keputusan tanpa intervensi trader.

Lalu, Anda perlu menyusun sebuah strategi, lalu membuat program di software. Anda juga dapat memanfaatkan generator penasihat ahli (EA) dalam membuat strategi terbaik.

Dengan demikian, seorang trader tidak harus menguasai skill programming. Langkah selanjutnya adalah EA generator akan menghasilkan sinyal untuk menjual atau membeli sesuai kondisi pasar.

Pada umumnya, EA generator mampu menyesuaikan parameter teknis yang digunakan untuk mengikuti kondisi pasar. Tujuannya akan meningkatkan peluang robot trading saham memperoleh lebih banyak keuntungan.

Anda sebagai trader harus mengatur software agar dapat beroperasi sesuai risiko yang diinginkan. Selain itu, dapat dibuat berdasarkan banyak sedikitnya modal maupun preferensi setiap trader.

Setelah itu, trading bisa berjalan secara otomatis sehingga Anda tidak harus memantau di depan monitor. Nantinya robot akan bekerja sesuai sistem yang telah Anda ciptakan.

Kehadiran robot trading sangat membantu trader pemula. Hal ini karena akan mempermudah Anda dalam menjalankan investasi di pasar saham dan valuta asing. Namun, pastikan robot trading tersebut tidak ilegal.

Berinvestasi menggunakan bantuan robot trading memiliki banyak kelebihan. Namun, Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara mengoperasikan robot trading saham agar dapat bekerja lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *