Dewasa ini, jumlah pengacara di Indonesia semakin bertambah. Selain itu, jenis-jenis pengacara di Indonesia pun semakin bervariasi. Salah satu yang belum banyak diketahui oleh orang-orang adalah pengacara pajak atau tax attorney. Perlu diketahui bahwa pengacara dan advokat pajak merupakan dua hal yang berbeda.

Pengacara pajak merupakan spesialis dalam ranah perpajakan. Pengacara pajak ini biasanya memiliki kuasa penuh dan mewakili seseorang atau pihak yang tengah bersengketa dengan suatu hukum tertulis berkaitan dengan perpajakan. Menjadi penguasa pajak diperlukan adanya Izin Kuasa Hukum atau IKH dan harus memiliki surat keputusan pengangkatan.

Layanan Tax Attorney

Walaupun belum banyak diketahui oleh orang-orang, pengacara pajak ini memiliki cukup banyak layanan yang ditawarkan. Pengacara pajak biasanya bertugas untuk mendampingi seseorang yang tengah bersengketa di pengadilan pajak. Sehingga, sama halnya seperti pengacara hukum lainnya, pengacara pajak pun bertugas mewakili kliennya.

Pengacara pajak paling sering bekerja untuk firma hukum yang menawarkan berbagai layanan pajak, dan dipekerjakan sebagai punggawa untuk mewakili klien. Serta mungkin saja mencakup entitas bisnis dan perusahaan, nirlaba dan organisasi non-pemerintah lainnya, serta individu. Berikut adalah beberapa layanan dari pengacara pajak!

1. Memberikan Pendampingan Terhadap Pajak Bulanan Dan Tahunan

Pelayanan pertama yaitu memberikan pendampingan terhadap pajak yang bersifat bulanan atau tahunan. Pengacara pajak akan menyediakan jasa konsultasi untuk perhitungan pajak dalam satuan tahunan. Selain perhitungan, ada pula penyetoran serta pelaporan yang mengacu pada SPT (surat wajib pajak) PPH pasal 29.

Selain tahunan, pengacara pajak pun menyediakan pendampingan bagi Anda yang akan mengkonsultasikan kewajiban pajak bulanan. Sama halnya seperti pajak tahunan, konsultasi pajak bulanan menawarkan pendampingan terhadap perhitungan. Selain itu, ada pula penyetoran dan pelaporan untuk semua pajak SPT tercantum di pasal 21 sampai pasal 26.

2. Pendampingan Untuk Pemeriksaan Pajak

Pengacara pajak atau tax attorney pun memberikan pelayanan untuk mendampingi dalam pemeriksaan pajak. Dalam kasus ini, pengacara pajak biasanya mendampingi atau mewakili kliennya saat akan diperiksa atau diaudit terkait pajak oleh para pemeriksa pajak. Selain mendampingi atau mewakili, pengacara pajak pun akan melakukan beberapa tugas.

Diantaranya adalah mewakilkan klien dalam memberikan keterangan yang akan diminta terkait perpajakan oleh pemeriksa. Selanjutnya, pengacara pajak bertugas untuk memberikan sebuah asistensi untuk kliennya terkait perpajakan. Terakhir, pengacara pajak pun harus mendampingi klien untuk menerima hasil pemeriksaan dan surat ketetapan pajak.

3. Melakukan Pendampingan Untuk Sanksi Perpajakan

Tidak jarang, terkadang terdapat beberapa kasus yang menyebabkan seseorang terkena sanksi wajib pajak dari Direktorat Jenderal Pajak. Sanksi ini akan berupa kenaikan pajak, denda, atau bunga. Namun, tidak semua orang akan menerima sanksi ini apabila melakukan dan mengajukan sebuah permohonan kepada pengurus pajak di pusat atau PKB.

Pengacara pajak pun dapat melakukan pelayanan untuk kasus ini. Pengacara pajak akan membantu menghapuskan sanksi tersebut. Selain itu, ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh pihak pengacara, diantaranya adalah menyusun surat permohonan, mewakili klien untuk menghadap PKB, dan menerima surat keputusan dari pihak PKB.

Pekerjaaan tax attorney ini memang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Padahal, layanan yang diberikan pun cukup bermanfaat dalam ranah perpajakan. Setelah membaca beberapa layanan pengacara pajak di atas, Anda dapat mempertimbangkan untuk memanggil pengacara pajak tersebut apabila sewaktu-waktu mengalami permasalahan di perpajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *