Di antara perusahaan BUMN Karya Konstruksi lainnya, saham PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PP merupakan salah satu yang banyak direkomendasikan. PP dikenal sebagai salah satu BUMN di bidang konstruksi.

Di dunia bursa efek alias pasar modal, BUMN satu ini disebut-sebut layak masuk portofolio investasi karena kinerjanya yang dianggap baik. Oleh sebab itu, banyak yang tertarik untuk berinvestasi di PP.

Namun sebelum mulai berinvestasi, sebaiknya kenali dulu detail informasi profil perusahaannya sesuai catatan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kemudian, analisis profil serta peluangnya di pasar modal sebagai referensi portofolio investasi.

Detail Profil Saham PT Pembangunan Perumahan (PTPP)

PT PP Tbk pertama kali didirikan oleh Bank Industri Negara pada 26 Agustus 1953. Awalnya perusahaan ini bernama NV Pembangunan Perumahan, bertugas mengerjakan proyek menggunakan dana hasil rampasan perang Jepang.

Kemudian pada tahun 1961, statusnya diubah menjadi perusahaan negara (PN), lalu kembali berubah menjadi persero pada 1971. Setelah beberapa kali mengalami perubahan, BUMN ini akhirnya dikenal sebagai PT PP Tbk.

Hingga saat ini, PTPP telah terlibat dalam proses pembangunan sejumlah bangunan penting di Indonesia. Mulai dari gedung pemerintahan, contohnya Departemen Agama dan Mahkamah Konstitusi, universitas, hotel, apartemen, dan banyak lagi.

Detail profil perusahaan serta informasi lain terkait saham PT Pembangunan Perumahan bisa dilihat secara lengkap pada website BEI. Sebagai dasar, berikut ini informasi singkat terkait profil PT PP di BEI:

  1. Nama: PP (Persero) Tbk
  2. Kode: PTPP
  3. Alamat Kantor: Plaza PP, Jl. Letjen TB Simatupang No. 57, Pasar Rebo, Jakarta, 13760
  4. Alamat Email: [email protected]
  5. Nomor telepon: 021-8403883
  6. Nomor faks: 021-8403890
  7. NPWP: 01.001.613.7-093.000
  8. Website: ptpp.co.id
  9. Tanggal pencatatan: 9 Februari 2010
  10. Papan: Utama
  11. Bidang Usaha Utama: Jasa Konstruksi
  12. Sektor: Infrastruktur
  13. Sub-sektor: Konstruksi Bangunan
  14. Biro Administrasi Efek: –

PT Pembangunan Perumahan memiliki beberapa anak perusahaan yang mengelola bidang berbeda-beda. Yaitu meliputi PP Energi, PP Infrastruktur, PP Properti, PP Urban, PP Semarang Demak, Centurion Perkasa Iman, serta Sinergi Colomadu.

Peluang Saham PT Pembangunan Perumahan (PTPP)

Berdasarkan laporan keuangan semester I tahun 2022, sebagian besar BUMN serta BUMN mencatatkan kinerja bagus melalui peningkatan laba. Salah satu BUMN yang tercatat mengalami kenaikan laba adalah PT Pembangunan Perumahan.

Prospek emiten di bidang konstruksi dan semen seperti PT PP dipengaruhi oleh sentimen pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Apalagi dengan naiknya anggaran infrastruktur 2023, PTPP ikut mengincar peluang di IKN.

Oleh karena itu, saham PT Pembangunan Perumahan menjadi salah satu yang paling prospektif berdasarkan kinerja semester ini. Sehingga PTPP bisa menjadi salah satu opsi portofolio investasi yang memiliki peluang bagus.

Peluang PTPP di bursa efek masih sangat memungkinkan untuk mengalami penguatan lanjutan. Secara rinci, level resistennya berada di angka 1.100 dan masih direkomendasikan akumulasi buy untuk perdagangan pekan-pekan ke depan.

Apabila Anda tertarik untuk berinvestasi pada sahamnya, cukup lakukan pembelian dengan menggunakan kode PTPP. Adapun sahamnya dapat dibeli dengan harga Rp1.005 serta dijual seharga Rp1.010-1.025, dengan total peningkatan sekitar 0,99%.

Hingga saat artikel ini ditulis, peringkat kapitalisasi pasar PTPP dari industri terkait (konstruksi bangunan) berada pada posisi 3 dari 21. Adapun peringkat kapitalisasi pasar semua perusahaan adalah 180 dari 811.

Berdasarkan data-data tersebut, PTPP menjadi salah satu emiten yang kini memiliki minat pasar cukup tinggi. Bahkan, prediksi peluang saham PT Pembangunan Perumahan 1-2 tahun ke depan dianggap masih cukup positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *