Apa Fungsi Demo Account Saham dan Perbedaan dengan Akun Real?

Bagi kebanyakan investor pemula tentu masih bertanya-tanya tentang istilah demo account saham. Selain itu juga terbersit pertanyaan mengenai apakah menggunakan akun tersebut benar-benar mampu menghasilkan profit dengan mudah? Lantas apa bedanya darsi akun real untuk trading?

Mengenal Demo Account Saham

Saat ini perkembangan teknologi dan juga internet sangatlah berpengaruh terhadap dunia investasi dan pasar modal. Salah satunya adalah memungkinkan bagi pengguna pemula untuk bisa membuat akun simulasi dan mulai menggunakannya pada data pasar secara real, istilahnya adalah akun demo.

Banyak juga broker khususnya di pasar forex dan saham yang mulai menyediakan fasilitas berupa akun demo secara gratis. Hal ini memungkinkan para pemula bisa lebih mudah untuk melakukan registrasi dan mencoba apa saja di dalam trading tersebut seperti halnya pedagang buah memberikan tester.

Sebenarnya akun demo sendiri adalah akun yang bisa Anda gunakan sebagai media gratis untuk belajar mengenai trading. Lewat akun ini, pengguna pun hanya menggunakan uang virtual saja sehingga tidak akan mengalami kerugian dalam bentuk real jadi benar-benar tidak memerlukan uang.

Perbedaan Akun Demo dan Real pada Trading Saham

Banyak investor yang berpikir bahwa untuk melakukan transaksi lewat akun demo dan akun real adalah sama persis. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah karena keduanya memiliki perbedaan baik dari sudut pandang para trader maupun tingkat teknis. Berikut ini ulasannya:

  1. Uang dalam Bentuk Virtual dan Real

Sesuai dengan namanya, pembeda utama yang akan Anda rasakan pastinya saat mengakses uang dalam masing-masing akun tersebut. Ketika menggunakan akun demo, maka tidak bisa menggunakan uang asli. Sementara pada saat trading secara nyata, benar-benar memakai uang milik pribadi.

Tersadar maupun tidak, faktor uang ini sebenarnya sangat berpengaruh terhadap faktor psikologi pada saat Anda melakukan trading. Hal ini karena trading secara demo tidak dapat mensimulasikan psikologi trading meski sebenarnya pada saat demo trading hanya bisa mencoba teknik-teknik trading saja.

  1. Perbedaan Psikologis Tiap Pengguna

Trading menggunakan akun demo umumnya akan lebih terasa mudah karena tidak ada tekanan sama sekali terhadap psikologi. Namun ketika Anda sudah mulai menggunakan trading memakai akun real, barulah terasa. Mengingat karena resiko kerugian juga berdampak pada uang milik pribadi.

Bahkan tidak sedikit emosi para trader pun juga terpancing. Dua aspek psikologis yang sangat berpengaruh adalah ketakutan dan keserakahan. Hal ini menjadi sifat manusia yakni takut kehilangan uang. Tentu saja hal ini akan mereka alami saat menggunakan akun demo ketika mengalami kerugian.

  1. Likuiditas yang Berbeda

Perbedaan berikutnya yakni terletak di likuiditasnya. Pada akun demo sendiri memang tidak ada likuiditas sehingga Anda hanya akan trading sendiri dan tidak ada lawannya. Lain halnya pada pasar modal secara nyata, maka nantinya pasti ada dua pihak yakni baik penjual maupun pembeli.

Jika ada yang memasang posisi pembelian di saham tertentu sejumlah 10 lot agar mencapai sepakat, maka harus ada pemasangan jual di saham tersebut dalam jumlah sama. Kedua pihak ini akhirnya mengakibatkan terjadinya proses permintaan dan penawaran untuk mendapatkan kesepakatan.

  1. Perbedaan Teknis

Apabila Anda melihat akun real dan demo, maka perbedaan utama pada masalah teknis yakni apapun posisi yang terpasang, maka akan diterima oleh server broker. Hal ini sudah menjadi sistemnya sehingga pengguna pemula hanya perlu mengikutinya saja. Berikut ini ada beberapa perbedaan lain:

  • Harga tick yang berbeda antara akun real dan demo
  • Harga paling tinggi dan rendah bisa berbeda pada akun real dan demo
  • Kecepatan respon server antara akun real dan demo
  • Spread pada akun demo umumnya tetap namun bervariasi di akun real tergantung dengan keramaian pasar
  • Data pada akun demo lebih smooth dan berbeda daripada akun real

Itulah tadi pengertian umum mengenai demo account saham. Penting bagi Anda juga untuk memahami apa saja perbedaannya dengan akun real. Mengingat bahwa fungsi utamanya yakni hanya sekedar meningkatkan pengalaman dan percobaan bagi investor pemula.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *